in

Tips Saat Bersepeda Sendirian agar Tetap Menyenangkan

bersepeda dengan aman dan menyenangkan

bersepeda sendirian
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Meskipun saat ini sudah banyak orang yang bersepeda bersama teman atau keluarganya, masih ada yang lebih senang bersepeda sendirian. Bagi kamu yang mulai tertarik untuk bersepeda sendirian, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar kegiatan tetap menyenangkan meskipun hanya sendirian.

Jarak

Bersepeda sendirian bisa dilakukan untuk jarak jauh ataupun jarak pendek. Namun, sebaiknya jika kamu ingin menempuh jarak jauh, sebaiknya lakukan persiapan yang lebih matang, seperti mengetahui dengan baik kondisi trek yang akan dilalui.

Membawa identitas

Baik jarak dekat maupun jauh, sebaiknya bawa identitas untuk jaga-jaga jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

Bawa perbekalan yang cukup

Jangan lupa membawa air minum yang cukup untuk meminimalisir pembelian air minum di tengah perjalanan. Selain minum, bawa perbekalan lainnya untuk mengganjal perut agar tidak kelaparan.

Cek kondisi sepeda

Pengecekan ini sangat penting untuk kamu yang bersepeda sendirian untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan di tengah jalan, seperti kabel rem putus, rantai putus, atau kondisi lain yang bisa merepotkan di tengah jalan. Apalagi, saat sendirian dan di lokasi yang tidak memiliki bengkel sepeda.

Estimasi waktu dengan jarak rute

Estimasikan kemampuan kamu untuk menempuh rute yang sudah tentukan agar tidak kemalaman. Jangan paksakan untuk menempuh rute yang jauh sendirian dengan kemampuan yang terbatas. Pasalnya, hal tersebut sangat berbahaya bagi kamu. Selain bisa kemalaman, tubuh akan lebih letih daripada biasanya.

Kondisi trek

Ketahui dengan pasti kondisi trek yang akan dilalui, menanjak atau datar, jalan aspal atau bebatuan. Kondisi trek harus disesuaikan dengan sepeda yang digunakan serta kemampuan yang kamu miliki. Kalau masih belum terbiasa dengan trek menanjak dan menurun, pilihlah trek datar yang biasanya terdapat di perkotaan.

Nikmati setiap kayuhan

Jangan terlalu terpengaruh dengan target jarak, nikmati setiap kayuhannya sambil menikmati semilir angin. Pilihlah rute yang tidak terlalu ramai agar bisa lebih aman dan nyaman saat bersepeda, tidak bersaing dengan kendaraan lain seperti mobil dan motor.

tips membeli sepeda

Tips Saat Membeli Sepeda

film horor true story

Deretan Film Horor True Story, Berani Nonton?