in

Tips Saat Membeli Sepeda

tips mudah untuk membeli sepeda

tips membeli sepeda
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini, tren bersepeda kembali digandrungi oleh masyarakat Indonesia saat masa pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh selama masa pandemi agar selalu fit menjalani hari. Sepeda memang menjadi salah satu olahraga favorit. Namun, tentunya kamu harus memiliki sepeda terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips membeli sepeda yang bisa kamu ikuti.

Ketahui jenis sepeda yang kamu sukai

Tips membeli sepeda yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu jenis sepeda yang kamu sukai. Selain itu, pilihlah jenis sepeda yang bisa membuat kamu merasa nyaman saat menggunakannya. Jangan sampai hanya ikut tren atau ikut teman, kamu memilih jenis sepeda yang sebenarnya kurang nyaman bagi kamu.

Jenis sepeda yang saat ini sering digunakan masyarakat adalah folding bike atau sepeda lipat, sepeda gunung, dan sepeda balap.

Cara menentukan jenis sepeda

Cara menentukan jenis sepeda bisa dilihat dari tujuan kamu untuk menggunakan sepeda, misalnya untuk touring, balapan, atau rekreasi. Selanjutnya, tentukan akan digunakan di mana sepeda tersebut, di jalan aspal, hutan, atau di tempat lain. Selanjutnya, cari ukuran sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh serta geometri yang nyaman bagi tubuh kamu. Dan terakhir, perhatikan fitur dan komponen sepeda yang memengaruhi kinerja sepeda saat digunakan.

Lakukan survei terlebih dahulu di internet

Agar saat datang ke toko sepeda tidak terlalu bingung ingin memilih yang mana, sebaiknya cari tahu lebih dalam spesifikasi masing-masing jenis sepeda yang sudah bertebaran di Google. Kamu jadi memiliki sedikit bayangan tentang masing-masing jenis sepeda. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu kisaran harga dari sepeda tersebut agar bisa mengestimasikan budget yang ada.

Test drive dengan meminjam ke teman

Cara selanjutnya yang paling mudah dilakukan adalah meminjam sepeda teman untuk mencari tahu apakah jenis sepeda tersebut nyaman bagi kamu atau tidak.

Jangan lupa menambahkan aksesori pendukung

Setelah membeli sepeda, tidak ada salahnya membeli holder botol minum agar kamu bisa membawa botol minum dengan mudah saat bersepeda, dan jangan lupa lengkapi keselamatan dengan membeli helm sepeda.

 

donal bebek

Donal Bebek Berhenti Terbit di Indonesia Setelah 44 Tahun

bersepeda sendirian

Tips Saat Bersepeda Sendirian agar Tetap Menyenangkan