in

Tips Supaya Spatula Kayu Awet dan Bertahan Lama

tips supaya spatula kayu awet
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Spatula berbahan kayu banyak dipilih sebagai alat memasak. Selain terbuat dari bahan alami, sendok kayu juga tidak akan menggores permukaan wajan, melepaskan bahan kimia atau menghantarkan panas ke tangan. Tapi, penggunaan yang cukup sering dapat menyebabkan keausan. Nah, bagaimana tips supaya spatula kayu awet dan bertahan lama?

  1. Cuci dengan tangan

Setelah digunakan memasak, segeralah cuci sendok kayu dengan air sabun hangat untuk mencegah noda. Tepuk-tepuk sendok dengan handuk, lalu biarkan hingga benar-benar kering sebelum menyimpannya.

Jangan diamkan sendok kayu terlalu lama di dalam air karena kayu akan menyerap air, mengembang dan kemudian berkontraksi saat mengering sehingga dapat menyebabkan retakan. Juga, jangan pernah sesekali memasukkan sendok kayu ke mesin pencuci piring. Uap dan siklus kering dapat memecahkan kayu.

  1. Taburi garam atau soda kue

Jika sendok kayu terkena noda dan air sabun, akan sulit bersih. Sekarang saatnya mengambil beberapa bahan dapur untuk mengangkat noda. Taburkan garam ke sendok kayu yang dipenuhi noda dan gosok dengan lemon. Dengan cara itu, tidak hanya akan menghilangkan noda yang membandel, tetapi juga akan membuat semuanya tetap segar. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Selain garam, paduan soda kue dan air juga bisa dijadikan alternatif penghilang noda. Untuk penggosok, bisa gunakan lemon yang sudah dibelah dua. Soda kue sangat bagus untuk menetralkan asam organik. Perlu diingat juga, jika sendok ternoda, itu tidak berarti kotor. Bahkan, noda yang membandel seperti yang berasal dari saus tomat atau kunyit, pada akhirnya akan memudar seiring waktu.

  1. Oleskan minyak bearoma netral

Jika dengan garam dan soda kue masih gagal menghilangkan noda, bisa gunakan amplas untuk menggosok noda pada sendok kayu. Selain itu, bisa juga mencoba menggunakan minyak beraroma dan berasa netral seperti minyak biji anggur. Ingat, jangan gunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk membersihkan noda.

Setelah itu, masukkan ke oven selama dua hingga tiga menit. Rutin mengolesi minyak kemudian membersihkannya merupakan ide bagus. Trik itu akan membantu sendok kayu bertahan lama dan terawat.

membuat CCTV

Tutorial Membuat CCTV dengan Ponsel Bekas

bahaya bersantap all you can eat

Hati-hati, Ini Bahaya Bersantap All You Can Eat