in

Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Ramadan

sehat dan bugar selama Ramadan
Foto: Olahraga supaya tetap sehat dan bugar selama puasa (Pixabay)

Ngobrolin.id — Menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan bugar selama Ramadan sangat penting, lho. Pasalnya, mulai dari fajar hingga magrib, kamu tidak boleh makan dan minum. Jika disepelekan, kondisi kesehatanmu bisa terancam. Perlu dilakukan persiapan sebelum menjalani puasa. Nah, kira-kira saja, ya?

  1. Jangan lupakan asupan air

Beberapa hari pertama, kamu mungkin tidak akan merasakan haus saat berpuasa. Kenapa? Itu disebabkan oleh stok cairan tubuhmu masih mencukupi. Seiring berjalannya bulan Ramadan, kadar air tubuh semakin berkurang.

Itulah sebabnya kamu merasa lemas dan lunglai saat puasa. Agar terhindar dari hal ini, mulai dari sekarang mulai mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari sehingga saat puasa kamu tetap fit dan dapat melakukan aktivitas secara normal.

  1. Perbanyak makan sayuran

Ayo, perbanyak lagi makan sayuran! Usahakan untuk memakan sayuran yang bervariasi karena tiap sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Dengan begitu, kebutuhan berbagai macam vitamin dan mineralmu terpenuhi sebelum menjalani ibadah puasa selama sebulan sehingga kamu terhindar dari rasa lemas yang berlebihan!

  1. Konsumsi buah berserat tinggi

Saat puasa, banyak sekali yang mengalami masalah konstipasi. Bisa jadi karena kurang mengonsumsi air mineral atau karena kekurangan serat. Itu sebabnya, rajin-rajinlah memakan buah dengan kandungan serat tinggi sebelum dan selama puasa. Apa saja buah-buahan yang mengandung serat tinggi? Avokad, pir, stroberi, anggur, pisang, pepaya, kiwi, apel, dan lain-lain. Banyak bukan, pilihannya? So, no excuse!

  1. Berinvetasilah untuk kulitmu

Tentu saja kesehatan dan kecantikan kulit dipengaruhi oleh apa yang kita makan atau minum. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa saat puasa, asupan air dan gizi akan mengalami sedikit perubahan. Untuk itu, kamu perlu menjaga kondisi kulit agar tetap lembap, elastis, dan kencang. Tak hanya dari dalam, kamu memerlukan produk skin and body care untuk itu. Pilihlah produk dengan fungsi menghidrasi dan melembapkan kulit, ya!

tips sukses bekerja

Tips Sukses Bekerja dengan Pengalaman yang Minim

olahan ketupat khas daerah

Tak Hanya Lebaran, Berikut Olahan Ketupat Khas Daerah