in ,

Tips Tidur Nyenyak Meski Sedang Overthinking

Jangan biarkan overthinking bikin kamu begadang

overthinking
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Anak zaman sekarang lebih mengenal istilah ‘banyak pikiran’ dengan overthinking. Biasanya, ini terjadi ketika sedang ada banyak permasalahan yang dihadapi. Akibatnya, kamu jadi susah tidur dan membuat kualitas tidur turun. Padahal, tidur itu penting banget sekalipun kamu sedang overthinking.

Nah, berikut ini beberapa tips buat kamu agar bisa tidur meski overthinking sedang melanda.

Tarik napas

Saat pikiran kamu sedang dipenuhi dengan berbagai pikiran, kamu harus berhenti untuk memikirkannya sesaat. Tarik napas untuk menenangkan pikiran. Fokus atur napas hingga kondisi kamu stabil. Hitung hingga tiga saat menarik napas, lalu tahan dan hitung selama lima detik. Setelah itu, embuskan secara perlahan.

Latihan pernapasan bisa membuat kamu lebih rileks dan melupakan pikiran-pikiran yang mengganggu.

Dengarkan podcast atau musik

Kesunyian dapat membuat kamu mulai berpikiran ke mana-mana. Kamu bisa mencegah hal tersebut dengan mendengarkan podcast lucu atau podcast apa pun yang sesuai dengan selera kamu. Kamu juga bisa mendengarkan musik-musik lembut. Musik tersebut konon bisa membantu menenangkan kamu yang sedang banyak pikiran.

Tutup media sosial

Sebaiknya, kurang-kurangi membuka media sosial ketika kamu sedang ingin tidur. Sebab, kebiasaan tersebut malah akan membuat kamu menjadi sulit tidur, apalagi ketika menemukan topik menarik. Sebaiknya, ganti kebiasaan tersebut dengan membaca buku.

Olahraga

Tips ini sepertinya agak sulit buat kamu yang kurang senang berolahraga. Namun, percayalah bahwa olahraga menjadi salah satu solusi paling jitu untuk mengatasi ke-overthinking­-an yang sedang melanda. Rata-rata orang yang sedang overthinking malas bergerak. Dengan berolahraga, kamu bisa keluar dari pikiran-pikiran yang membelenggu diri kamu.

Olahraga yang dijalankan tidak perlu terlalu berat, kamu cukup berolahraga selama 30 menit dengan berjalan kaki atau lari. Jangan melakukan olahraga terlalu malam karena justru malah mengganggu siklus tidur kamu.

Selena ingin pensiun

Alasan Selena Ingin Pensiun Dini Dari Dunia Musik

rasa oreo

Varian Rasa Oreo yang Tidak Biasa, Sudah Coba?