in

Tips Traveling Pakai Jasa Open Trip

tips traveling pakai jasa open trip
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Memakai jasa open trip menjadikan liburan kamu bisa jauh lebih berkesan, lho. Selain menjelajah banyak tempat, kamu juga punya berkesempatan untuk kenalan dengan traveller lain dari berbagai kota bahkan negara. Mengingat penyedia jasa liburan open trip sangat banyak, kamu perlu berhati-hati saat memilih. Yuk, coba ikuti tips traveling pakai jasa open trip berikut, dilansir dari Cermati.com.

tips traveling pakai jasa open trip
Foto: Pixabay
  1. Lakukan perbandingan agen ‘Open Trip’ sebanyak-banyaknya

Mencari agen open trip bukan hal yang sulit. Kamu bisa mencarinya di internet seperti media sosial, situs perjalanan, atau forum diskusi, dan lainnya. Nah, kalau kamu belum yakin terhadap satu agen, sebaiknya cari referensi sebanyak-banyaknya. Catat nama agen yang sudah dikumpulkan, lalu bandingkan fasilitas yang ditawarkan. Cara ini akan memudahkan Anda untuk memilih satu agen terbaik.

  1. Perhatikan ulasan para pengguna sebelumnya dan pilih yang kredibel

Reputasi agen bisa dikatakan baik apabila testimoni dari pelanggan juga baik. Apabila testimoninya buruk dan sedikit, itu artinya kinerja dan popularitas agen tersebut masih kurang. Daripada salah pilih, lebih baik luangkan waktu untuk mencari dan membaca semua testimoni pelanggan.

  1. Cek akun media sosialnya dan perhatikan performanya

Jika menurut kamu testimoni pelanggan belum cukup, kamu bisa mengecek akun media sosial agen tersebut. Agen yang sudah terkenal umumnya punya media sosial sebagai wadah untuk berbagi sekaligus mempromosikan usahanya. Hiraukan jumlah followers yang dimiliki oleh agen, karena jumlah followers tidak menjamin kredibilitas seorang agen.

  1. Perhatikan jumlah kuota ‘traveller’ dalam perjalanan

Meskipun tipe liburannya open trip, agen tetap punya hak untuk membatasi jumlah traveller yang bisa ikut demi mendapatkan liburan berkualitas. Coba tanyakan jumlah kuota untuk destinasi liburan yang kamu inginkan. Apabila jumlah kuota masih sisa, segera daftarkan diri sebelum kuota habis. Bila perlu, ajak teman atau keluarga yang juga ingin berlibur.

  1. Tanyakan fasilitas yang didapatkan dari harga paket liburan

Agen open trip berlomba-lomba untuk menawarkan harga terendah agar traveller tertarik. Usahakan jangan terlalu cepat tergiur dengan harga paket liburan yang murah. Sebaiknya, tanyakan mengenai fasilitas, akomodasi, dan tempat wisata yang sudah termasuk dalam paket liburan tersebut. Biasanya, fasilitas dan akomodasi paket liburan yang murah sangat standar atau terbatas saja. Sementara, harga paket yang lebih mahal menawarkan fasilitas dan akomodasi di atas rata-rata.

  1. Kunjungi kantor agen travel secara langsung

Agen open trip skala besar biasanya mempunyai kantor sendiri di wilayah tertentu. Jangan ragu untuk datang dan bertanya langsung ke kantor apabila jarak kantornya dekat dengan tempat tinggalmu. Jika jaraknya jauh, kamu bisa memesan secara online, baik melalui situs resmi maupun marketplace. Untuk pemesanan online, perhatikan poin nomor 2 dan 3 tadi, agar kamu tidak salah pilih agen.

  1. Prioritaskan kebutuhan anggota trip, bukan keinginan sendiri semata

Perbedaan pendapat sering kali muncul. Oleh karena itu, sebagai traveller, kamu harus mau memprioritaskan kebutuhan anggota tim. Jika pilihan yang mendominasi ada di tempat A, mau tidak mau kamu harus ikut ke tempat A.

Apa kinetoskop itu

Mengenal Kinetoskop, Pemutar Film Pertama di Dunia

pentingnya doula

Pentingnya Doula, Pendamping Mommy Saat Melahirkan