in ,

Tips untuk Pemula yang Kebingungan Mau Investasi

Jangan sekali-kali memulai investasi tanpa ilmu, ya!

pemula investasi
foto: Pixabay

Ngobrolin.id  — Saat ini banyak anak muda yang melek investasi karena mulai menyadari bahwa investasi itu penting untuk masa depan. Namun, bagi pemula investasi, kegiatan berinvestasi masih terbilang cukup abu-abu. Makanya, masih banyak orang yang maju mundur memutuskan untuk berinvestasi.

Buat kamu yang masih pemula, investasi itu sebenarnya mudah asal kamu sudah mempelajarinya dan memilih instrumen investasi yang tepat. Nah, berikut ini Tim Ngobrolin bakal kasih beberapa tips biar kamu gak takut untuk berinvestasi.

Belajar

Segala sesuatu harus dilakukan dengan ilmu, apalagi investasi. Sebelum kamu mulai investasi, sebaiknya kamu mencari ilmu dari para ahlinya, seperti mengikuti kelas, seminar, atau talkshow tentang investasi. Pasalnya, ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi, akan ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Nah, dengan belajar kamu bakalan bisa menentukan instrumen apa yang sesuai dengan kondisi kamu.

Tentukan tujuan

Setelah mengetahui dasar-dasar investasi, kamu perlu menentukan tujuan apa yang ingin dicapai ketika berinvestasi. Banyak orang yang gagal saat berinvestasi karena tidak memiliki tujuan, mereka hanya memikirkan keuntungan yang bisa diraih.

Misalnya, untuk pemula biasanya tujuan mereka belajar dan mengetahui pola instrumen investasi yang dipilih. Setelah paham, biasanya pemula mengubah tujuan investasi untuk hal-hal yang lebih krusial.

Mengetahui kondisi keuangan pribadi

Kamu wajib mencatat pendapatan dan utang piutang yang dimiliki. Dengan mencatat pemasukan secara terperinci, kamu bisa mengetahui kondisi keuangan kamu, apakah sedang sehat atau malah mengkhawatirkan. Dengan begitu, kamu bisa tahu berapa banyak modal yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi tanpa mengganggu stabilitas kondisi keuangan.

Jika kamu memiliki utang piutang, selesaikan urusan ini terlebih dahulu. Sebab, kedua hal tersebut dapat berdampak langsung terhadap kondisi keuangan kamu.

Jangan tergesa-gesa dan tergiur dengan keuntungan yang besar

Ingat, setiap langkah yang kamu ambil saat berinvestasi pasti selalu mengandung risiko. Oleh karena itu, kamu gak boleh gegabah dan sekadar ikut-ikutan saat berinvestasi tanpa memahami dasarnya, seperti pola hingga risiko yang ditimbulkan dari investasi tersebut.

 

Xiaomi tv Stick

Xiaomi Mi TV Stick, Ubah TV Biasa Jadi Smart TV

surat lamaran kerja steve jobs

Wow, Surat Lamaran Kerja Pertama Steve Jobs Dilelang Bernilai Miliaran!