in ,

Tol Lintas Sumatera Memiliki Terowongan untuk Gajah

semoga populasi gajah tetap lestari

tol lintas sumatera
foto: instagram @hutamakarya

Ngobrolin.id — Salah satu program yang sedang diupayakan oleh Presiden Joko Widodo adalah pembangunan infrastuktur jalan untuk mempermudah mobilitas masyarakat melalui pembangunan jalan tol. Salah satu daerah yang akan memiliki jalan tol baru adalah Pulau Sumatera. Jalan tol tersebut dinamai dengan Tol Lintas Sumatera. Ada hal unik yang menjadi daya tarik dari jalan tol ini, yaitu adanya terowongan untuk gajah lalu lalang di bawah jalan tol.

Terowongan gajah tersebut berada tepat di ruas tol Pekanbaru-Dumai di seksi IV dan V yang baru saja diresmikan pada Jumat (25/9). Diperkirakan terowongan tersebut akan dilintasi oleh ratusan ekor gajah.

Ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,48 km merupakan bagian dari Tol Lintas Sumatera yang masuk program strategis nasional.

Pembuatan terowongan tersebut sebagai bentuk upaya konservasi gajah yang hidup di sekitar area pembangunan jalan tol. PT Hutama Karya (Persero) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Trans Sumatera sudah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau serta beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang konservasi hewan.

Kini, terowongan untuk gajah seakan menjadi bagian penting dari jalan Tol Lintas Sumatera. Karena selain bisa mendukung aksesbilitas pengembangan daerah, terowongan tersebut dinilai bisa menjaga habitat asli gajah-gajah liar yang ada di situ. Total ada enam fasilitas terowongan yang tersedia untuk gajah lalu lalang.

Dilansir dari gaikindo.or.id, nantinya, pembangunan terowongan untuk gajah ini akan dilakukan juga di proyek jalan tol di Aceh. Perlintasan terowongan tersebut ada di Sungai Tekuanan dan lima terowongan lainnya berada di dekat Suaka Margasatwa Balai Raja.

Ukuran terowongan yang dibangun untuk gajah berbeda-beda. Ada yang tingginya mencapai 4,5 meter dan ada juga yang mencapai 11 meter. Selain itu, ada terowongan yang lebarnya 25 meter dan ada juga yang 45 meter.

Pembangunan terowongan ini disesuaikan dengan jalur yang memang sering dilintasi oleh gajah liar. Para pekerja proyek melakukan pengamatan tentang jalur yang sering dilalui oleh gajah. Selanjutnya, jalur yang biasa dilalui oleh gajah akan ditandai dan dijadikan terowongan. Jalur tersebut akan ditanami oleh beberapa tumbuhan untuk membuat gajah menjadi lebih nyaman melintas di daerah tersebut.

 

 

anhedonia

Anhedonia, Kondisi Seseorang yang Sulit Merasa Bahagia

download lagu gratis

Link Download Lagu Gratis dan Legal