in ,

Tradisi Bulan Puasa yang Sering Dirindukan

tradisi yang cuma bisa dilakukan pada bulan puasa

tradisi bulan puasa
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Puasa sering menjadi momentum yang dinanti karena banyak tradisi bulan puasa yang sering dirindukan. Tradisi-tradisi tersebut hanya bisa dilakukan pada bulan puasa, meskipun dilakukan di luar bulan puasa, rasanya pasti akan berbeda. Ada beberapa tradisi yang baik untuk dilestarikan, tapi ada juga tradisi yang harus dihilangkan seperti perang sarung antar RT. Berikut ini beberapa tradisi puasa yang sering dirindukan.

Ngabuburit

Sepertinya istilah ngabuburit akan semakin terasa asyik jika dilakukan pada bulan puasa. Masyarakat biasanya akan keluar pada sore hari dan memadati jalan untuk mencari buka puasa atau sekadar menghabiskan waktu menanti waktu berbuka puasa. Jalan-jalan sore sangat seru dilakukan dengan menggunakan sepeda bersama teman-teman.

Buka puasa bersama

Buka puasa bersama menjadi ajang silaturahmi yang paling dinanti-nanti. Jika pada hari biasa makan bersama hanya sering dilakukan bersama teman dekat, pada bulan puasa kegiatan buka bersama justru lebih sering dilakukan dengan teman-teman lama, teman satu kelas, satu angkatan, keluarga besar, dan semacamnya. Ada pula acara buka puasa bersama yang sering diadakan oleh masjid di lingkungan kamu.

Kirab atau pawai menyambut bulan puasa

Sebelum memasuki bulan puasa masyarakat melakukan kirab atau pawai obor untuk menyambut bulan suci Ramadan. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini sambil mengenakan pakaian muslimah terbaiknya. Hal ini bertujuan meningkatkan semangat serta motivasi berpuasa.

Tanda tangan buku agenda Ramadan

Anak-anak mendapatkan tugas mengisi buku agenda bulan puasa, seperti mengisi absensi shalat, baca alquran, shalat sunnah, dan isi ceramah tarawih saat itu. Biasanya anak era ‘90-an akan rajin menunggu waktu shalat tarawih selesai karena mereka mengincar tanda tangan penceramah pada hari itu. Saat selesai shalat tarawih, anak-anak akan berbaris untuk mendapatkan tanda tangan penceramah.

Shalat tarawih

Jika pada hari-hari biasa masjid hanya dipenuhi oleh lelaki yang melakukan shalat fardhu berjamaah, pada bulan puasa kaum wanita akan keluar rumah untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid. Kamu akan menemukan tetangga-tetangga yang sangat jarang ditemui pada hari biasa pada saat shalat trawih.

Pesantren kilat

Biasanya saat Ramadan, sekolah, masjid, serta lingkungan RT setempat akan mengadakan acara pesantren kilat untuk anak-anak. Banyak anak yang menunggu momentum tersebut karena biasanya akan banyak lomba serta acara menarik lainnya yang akan diadakan.

Takbiran

Kebiasaan ini sering dilakukan di penghujung bulan puasa dan menjadi momentum yang sangat dinanti-nanti oleh anak-anak karena besoknya hari lebaran akan tiba. Semarak takbiran akan semakin meriah saat banyak masjid yang menyediakan bedug yang bisa dipakai oleh siapa saja untuk ditabuh mengiringi takbir yang dilantunkan.

kisah teladan 25 nabi

Cara Mudah Mengenalkan Kisah Teladan 25 Nabi pada Si Kecil

kisah cinta

Haifa, Hikmah di Balik Kisah Cinta yang Tidak Terduga