in

Traveller Starter Pack, Nggak Cuma Barang Tapi Juga Kemampuan

Jalan jalan dengan aman dan nyaman, bekali diri dengan kemampuan ini

traveller starter pack
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Nggak banyak disadari, traveller starter pack nggak cuma berupa barang, lho. Kemampuan tertentu juga sangat menunjang hobimu berkeliling berbagai wilayah untuk berwisata. Penasaran apa saja traveller starter pack yang kamu butuhkan agar travelling-mu lancar? Simak tips berikut.

Dokumentasi

Salah satu tujuan wisata adalah mengunjungi spot wisata yang ada di daerah yang kamu datangi. Walaupun bukan merupakan satu-satunya kegiatan yang kamu lakukan, kamu juga perlu mendokumentasikan kegiatan travelling yang kamu lakukan.

Dokumentasi ini pun bentuknya sangat beragam, mulai dari foto hingga video. Semakin lihai kamu menangkap momen, semakin indah pula dokumentasi yang kamu dapatkan. Kamu bisa mengabadikannya sebagai feed Instagram, dokumen penunjang di blog, atau sekadar koleksi pribadi untuk mengingat kembali momen tersebut.

Bahasa asing

Keahlian ini akan sangat berguna jika kamu senang berpetualang ke daerah yang masih asing bagimu. Bahasa asing ini pun tak melulu bahasa Inggris. Bahasa daerah setempat seperti bahasa Suku Dayak, bahasa Baduy Pedalaman, atau bahasa lokal lain.

Semakin banyak dan semakin dalam perbendaharaan kata yang kamu kuasai, semakin menyenangkan liburan yang akan kamu lakukan. Tentu saja karena kamu bisa memulai percakapan dengan lebih banyak penduduk lokal. Ilmu dan pengalaman yang kamu dapatkan tentu lebih banyak.

Berkendara

Kemampuan berkendara, baik roda dua maupun roda empat akan menolongmu dalam banyak situasi. Kemampuan berkendara juga menunjang hobi travelling-mu karena dapat menghemat anggaran. Misalnya saja, kamu bisa menyewa mobil atau motor sebagai kendaraan saat mengunjungi berbagai tempat wisata di suatu daerah, tentu akan lebih murah daripada berganti-ganti kendaraan umum.

Bela diri

Bela diri merupakan traveller starter pack nonbarang yang wajib kamu kuasai. Terlebih, bila kamu gemar melakukan solo travelling. Bela diri ini sangat banyak macamnya. Jika kamu menguasainya dengan baik, kamu bisa terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan.

Berenang dan meyelam

Dua kemampuan yang tak hanya menjadikanmu lebih berwarna, tapi juga bisa menyelamatkan nyawa. Jika kamu bisa berenang dan menyelam, tentu kamu akan lebih menikmati liburan di laut dan pantai. Selain itu, berenang dan menyelam juga bisa membantumu menyelamatkan diri jika terjadi sesuatu di tempat wisata.

camilan khas Turki

Camilan Khas Turki yang Memanjakan Lidah dan Membekas di Hati

penyebab keriput

Sepele, Ini Penyebab Keriput yang Bisa Dihindari