in

Trik Mengatasi Baby Blues bagi Ibu dan Ayah Muda

Jangan panik, lakukan hal ini

mengatasi babyblues
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Merupakan salah satu gejala gejala pascamelahirkan, mengatasi babyblues ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bagi sebagian orang yang masih awam, babyblues tampak tidak masuk akal. Bagaimana mungkin pasangan yang menanti momongan tiba-tiba merasa takut, bahkan depresi. Namun, kondisi ini nyata dan terjadi di sekitar kita.

Babyblues hanya salah satu bentuk dari depresi postpartum atau pascamelahirkan dan termasuk gejala ringan. Biasanya, babyblues dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan bayi. Namun, tidak menutup kemungkinan babyblues juga menyerang ayah.

Cara mengatasi babyblues yang pertama adalah dengan menyampaikan ketakutan dan kekhawatiran yang dirasakan. Moms dapat menghubungi dokter atau profesional kesehatan untuk menangani hal ini. Profesional kesehatan akan mengetahui gejala depresi yang mungkin tidak Moms sadari.

Selain bersama dokter, Moms juga harus mendiskusikan ini bersama pasangan. Pasalnya, khawatir merupakan hal yang wajar. Namun, bila dipendam terlalu lama dan dirasakan seorang diri tentu akan sangat berat dalam menghadapinya.

Cara yang kedua adalah dengan melakukan me time, atau meluangkan waktu untuk diri sendiri. Seorang perempuan yang baru saja menjadi ibu pasti akan sangat tertekan dengan berbagai pekerjaan, mulai dari urusan rumah tangga, anak, dan lain-lain.

Moms bisa mencoba memanjakan diri setidaknya 15 menit dalam sehari. Moms bisa melakukan meditasi, melakukan perawatan di salon, berbelanja, atau aktivitas lainnya yang dilakukan sendirian. Dengan demikian, Moms akan melepas stres tersebut dengan baik.

Moms juga perlu membuat ikatan yang kuat dengan si kecil. Sindrom babyblues memang membuat para ibu khawatir dengan kondisi bayi mereka. Ketakutan tersebut sebaiknya diatasi dengan membentuk ikatan emosional antara Moms dan si kecil. Selain bermanfaat bagi bayi, Moms pun akan merasa lebih percaya diri dengan melepaskan hormon endorfin.

Moms juga harus melakukan salah satu cara mengatasi babyblues yang paling sederhana yakni dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Ibu yang tercukupi kebutuhan waktu tidurnya akan lebih santai dan tidak mudah tertekan.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga, baik sebelum maupun sesudah melahirkan. Secara emosional, ibu yang rajin berolahraga akan memiliki emosi yang lebih stabil. Tak perlu olahraga berat, cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau meditasi. Jika masih belum berhasil, Moms bisa melakukan terapi hormon.

Menjadi orangtua yang sempurna memang dambaan semua pasangan. Namun, menjadi orangtua yang bahagia adalah yang paling dibutuhkan oleh si kecil.

penyebab keriput

Sepele, Ini Penyebab Keriput yang Bisa Dihindari

Makanan pemicu bad mood

Makanan Ini Bisa Bikin Bete, Konsumsi Secukupnya Saja