in ,

Trik Mengatasi Rasa Nyeri di Jari Saat Belajar Gitar

rasa nyeri di jari
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh pemula yang tengah belajar gitar adalah rasa nyeri di jari. Jari kamu harus menekan senar gitar dengan benar agar suara gitar tidak sumbang atau fals. Terkadang, tekanan yang diberikan harus lebih keras sehingga membuat jari-jari kamu terasa sakit, apalagi jika kamu belajar dalam durasi yang cukup lama.

Rasa nyeri di jari akan diiringi dengan kapalan (penebalan kulit) pada bagian yang nyeri. Kondisi tersebut mau tidak mau harus kamu hadapi dan tahan. Kapalan tersebut sebenarnya sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri ketika kamu harus menekan senar.

Namun, jika rasa nyeri di jari sudah cukup mengganggu dan tidak bisa ditahan, kamu harus berhenti bermain terlebih dahulu hingga rasa nyeri tersebut menghilang dengan sendirinya.

Rasa nyeri tersebut bisa kamu hilangkan dengan merendam jari tangan ke dalam cuka apel selama 30 detik untuk mematikan efek rasa sakit. Atau, kamu dapat menekan-nekan ujung jari ketika sedang tidak berlatih untuk membantu proses pembentukan kapalan berjalan lebih cepat.

Nah, biar rasa nyeri tersebut tidak terlalu parah, Tim Ngobrolin punya beberapa tips yang mungkin bisa berguna buat kamu.

Jangan bermain ketika tangan masih basah

Jangan langsung bermain gitar ketika baru selesai mencuci tangan. Keringkan tangan terlebih dahulu atau tunggu selama 15—20 menit setelah mencuci tangan atau mengoleskan losion di tangan. Bermain ketika tangan sedang basah malah akan merusak kapalan yang sudah terbentuk dan kondisi tersebut dapat membuat kondisi kulit di ujung jari semakin parah.

Memainkan secara perlahan

Pada awal berlatih, sebaiknya mainkan gitar secara perlahan untuk mengetahui seberapa besar rasa nyeri tersebut hingga lagu usai. Kamu bisa mencari lagu dengan tempo atau nada yang lambat terlebih dahulu. Kalau rasa nyeri sudah terasa parah, berhentilah bermain dan segera periksa ujung jari karena dikhawatirkan kulit di ujung jari tersebut robek terkena senar gitar.

Tekan senar secara ringan

Tekan senarnya ke fret (bilah logam yang berada pada leher gitar) dan kocok gitarnya. Setelah itu, kendurkan sedikit genggaman kamu, tapi jangan sampai mengangkat jari yang sedang menempel pada senar. Cek, apakah suaranya terdengar bagus, kemudian jaga agar genggaman tangan tetap kendur dan tidak memberi tekanan yang terlalu berlebihan pada jari.

noda kuning di ketiak baju

Hilangkan Noda Kuning di Ketiak Baju dengan Cara Ini

ekspektasi

Trik Mengendalikan Ekspektasi agar Tidak Ketinggian