in ,

Trik Merawat Kaus Kaki agar Tidak Mudah Melar

Jangan sampai banyak bangkai kaos kaki yang menumpuk

kaos kaki melar
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kaus kaki yang sudah melar pasti sudah tidak bisa digunakan dan akhirnya hanya menumpuk di dalam lemari. Kaus kaki melar disebabkan oleh banyak hal, mulai dari bahan yang kurang bagus, cara mencuci yang salah, hingga cara menyimpan kaus kaki. Nah, berikut ini beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk mempertahankan elastisitas kaus kaki.

Sesuaikan panjang kaus kaki

Jika ingin mengenakan kaus kaki sampai setengah betis, kamu harus membeli kaus kaki yang panjang. Jangan sampai memaksakan panjang kaus kaki dengan cara menariknya. Niscaya, hal tersebut akan menyebabkan kaus kaki kamu menjadi mudah melar dan bahannya menipis. Jadi, pilihlah panjang kaus kaki sesuai dengan keinginan.

Jangan disterika

Jangan sekali-kali menyetrika kaus kaki. Kamu harus menjemur kaus kaki sampai kering sehingga sudah tidak terasa lembap dan tidak akan mengeluarkan bau apek. Panas dari setrikaan akan membuat kaus kaki menjadi melar atau bahkan menyusut, panas yang berlebihan dapat menyebabkan tekstur kaus kaki rusak.

Larangan jangan disterika juga berlaku pada kaus kaki yang masih basah atau lembap. Perlakuan tersebut dapat menyebabkan kaus kaki mudah melar karena bahan kaus kaki tidak tahan terhadap panas.

Jemur di tempat teduh

Masih ada sangkut pautnya dengan suhu panas, kaus kaki cukup dijemur di tepat yang teduh hingga benar-benar kering. Penjemuran yang dilakukan di bawah sinar matahari yang terik akan menyebabkan warna kaus kaki menjadi memudar sehingga warnanya menjadi kusam.

Cara menyimpan yang benar

Coba sebutkan bagaimana caranya kamu menyimpan kaus kaki di dalam lemari. Mungkin sebagian orangtua akan menggulung atau mengikat kaus kaki agar mudah ditemukan dan tidak tercerai berai dengan pasangannya. Ternyata, cara tersebut bisa membuat kaus kaki jadi lebih mudah melar.

Cara menyimpan kaus kaki dengan benar ialah dilipat. Namun, cara ini sangat rentan menyebabkan pasangan yang satunya lagi hilang. Kamu bisa menggunakan penjepit agar pasangan kaus kaki tetap bertahan meski hanya dilipat biasa.

Jangan dicuci dengan mesin cuci

Pergerakan mesin cuci yang kencang bisa memengaruhi bentuk kaus kaki, apalagi jika kaus kaki tersebut terbuat dari bahan yang mudah melar. Sebaiknya, cuci kaus kaki secara manual secara dikucek dengan menggunakan tangan.

kado anak 1 tahun

Inspirasi Kado untuk Anak 1 Tahun

etika chat dosen

Bingung Cara Chat Dosen yang Benar? Aplikasi Ini Siap Membantu Kamu!