in ,

Trik untuk Menghindari Pesan Penipuan dari WhatsApp

Yuk lebih cermat agar tidak mudah tertipu

Pesan penipuan dari whatsapp
foto: pixabay

Ngobrolin.idPesan penipuan dari WhatsApp sudah menjadi motif kejahatan model lama yang masih sering berhasil menjerat korban. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh adanya iming-iming hadiah yang menggiurkan. Alih-alih mendapatkan hadiah, nanti data kamu malah dicuri. Saat ini pesan penipuan memang lebih besar datang dari WhatsApp, terutama dari grup keluarga atau grup-grup lainnya.

Pihak WhatsApp sendiri sedang mensosialisasikan kampanye ABC, yakni amati isi pesan, baca isi pesan, dan cari sumber yang tepercaya. Simak ulasannya di bawah ini!

Amati isi pesan

Kamu perlu amati pesan tersebut, seperti adanya simbol panah yang terdapat di bagian paling atas pesan.

Panah tersebut merupakan pertanda dari pesan yang diteruskan. Dan ada juga pesan dengan simbol panah dua, itu artinya pesan tersebut sudah diteruskan berkali-kali dari sumber yang kurang diketahui. Nah, tanda panah tersebut harus kamu waspadai dan pahami kalau pesan tersebut bukan bersumber dari anggota grup yang membagikan informasi tersebut, tetapi dari orang lain yang tidak diketahui dengan pasti.

Selain itu, perhatikan link-link yang dibagikan dalam isi pesan tersebut, terkadang pesan penipuan menggunakan nama link yang tidak tepat atau ada typo.

Baca isi pesan

Baca isi pesan yang dibagikan sampai habis. Jangan kamu baca bagian yang di-bold saja atau bagian yang menggiurkan seperti hadiah. Kamu perlu membaca isi pesan tersebut dari atas hingga bawah agar mengetahui secara menyeluruh informasi yang diberikan. Pesan penipuan atau informasi hoaks biasanya sering melakukan salah-salah ketik. Nah, itu menjadi indikator kalau pesan tersebut gak valid.

Cek sumbernya

Setelah kamu mengamati dan membaca isi pesan tersebut, kamu juga perlu cek sumber isi pesan tersebut. Terkadang, ada beberapa pesan penipuan atau hoaks yang niat banget alias tidak mengindikasikan pesan tersebut sebagai pesan yang gak valid. Nah, biar kamu tidak terjebak, kamu perlu mengecek kembali sumber pesan tersebut.

Cek link yang dicantumkan dalam pesan tersebut, apakah link tersebut merupakan link resmi langsung dari sebuah instansi atau bukan. Pada umumnya, perusahaan resmi tidak akan mengirimi kamu pesan dari nomor yang tidak jelas, perusahaan tersebut pasti memberikan pesan melalui nomor resmi.

Kamu juga bisa mencari informasi tersebut di internet karena sudah banyak pemeriksa fakta yang kredibel.

Seragam satpam

Sekarang Baju Seragam Satpam Mirip Baju Polisi, Ini Alasannya!

minyak goreng bekas

Alasan Minyak Goreng Bekas Lebih Enak Tapi Berbahaya