in ,

Trik untuk Pengusaha Kecil agar Mampu Bangkit dari Pandemi

pertahankan usaha di tengah pandemi dengan cara ini

bangkit dari pandemi
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pandemi Covid-19 sudah berdampak pada semua sektor kehidupan, termasuk ekonomi. Banyak perusahaan ataupun pengusaha yang terpaksa harus melakukan efisiensi karena pendapatannya menurun. Kini, Indonesia sudah mulai mencoba bangkit dari pandemi dengan berbagai cara, salah satunya adalah menguatkan kembali sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Bagi kamu yang bergelut di bidang UMKM, berikut ini beberapa tips untuk bangkit dari pandemi yang telah dirangkum oleh Tim Ngobrolin.

Branding produk dengan baik

UMKM merupakan sektor bisnis yang paling mudah memahami kondisi konsumen. Tak heran jika sedang tren sesuatu, akan banyak bermunculan para pengusaha kecil karena memang demand pada usaha tersebut lebih besar. Nyatanya, hanya ikut-ikutan tanpa mem-branding usaha dengan baik bisa menyebabkan usaha kamu menjadi musiman juga.

Lakukan branding yang baik terhadap produk yang akan dipasarkan. Jaga nilai kualitas usaha kamu, baik dari kualitas produk maupun kualitas pelayanan.

Jaga kepercayaan konsumen

Kepercayaan konsumen merupakan hal utama yang harus dijaga. Dengan adanya produk yang berkualitas serta diiringi dengan pelayanan yang baik, konsumen akan percaya dan bisa saja melakukan promosi dengan kerabatnya yang lain. Tentu hal tersebut akan menguntungkan kamu karena luasan pemasaran produk kamu akan semakin melebar melalui konsumen yang puas dengan produk dan layanan yang diberikan.

Kreatif dan inovatif

Dengan pola pikir kreatif dan inovatif, semua hambatan bisa jadi peluang. Banyak pelaku usaha yang mulai merambah bidang bisnis lain karena mampu melihat peluang yang belum banyak dilirik oleh orang. Misalnya, saja pada saat ini ada pelaku usaha yang mulai membuat baju rumahan yang terasa nyaman dan adem tapi terlihat bagus dan resmi. Baju tersebut bisa digunakan untuk kerja dari rumah, seperti meeting lewat video conference.

Perbaiki administrasi dan manajemen usaha

Seluruh transaksi yang berkaitan dengan bisnis harus tercatat dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar tidak tercampur dengan uang pribadi dan bisa menjadi catatan yang berguna untuk evaluasi. Bisnis kamu perlu dievaluasi secara rutin agar bisa mempertimbangkan kebijakan atau langkah untuk mengembangkan usaha.

Tetap terapkan protokol kesehatan

Saat ini banyak konsumen yang merasa aman ketika membeli produk atau menggunakan jasa dari pengusaha yang menerapkan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen sekaligus bisa melindungi para pekerja agar tetap sehat. Dengan begitu, usaha akan tetap bisa berjalan.

mudik

Tebus Rindu Bioskop dengan Film Mudik di Mola TV

fakta miniso

Fakta Miniso, Ternyata Bukan Berasal dari Jepang