in

Tteokbokki, Kue Beras Bersaus Kuliner Khas Korea

apa sih tteokbokki
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Seiring dengan invasi budaya Korea ke seluruh penjuru dunia, makanan khas Korea pun semakin populer. Salah satu makanan yang digemari banyak orang nggak cuma di Korea, yaitu tteokbokki. Sebenarnya, apa sih tteokbokki ini?

Makanan ini terbuat dari kue beras. Seiring berjalannya waktu, bahan utamanya pun tidak cuma beras. Tteokbokki dari gandum juga bisa dijumpai. Tteok sendiri dalam bahasa Korea berarti beras.

Tteok berbentuk batang atau silinder. Kue ini kemudian dimasak dalam bumbu gochujang atau pasta cabai khas Korea yang memiliki sensasi pedas manis. Fish cakes, telur rebus, dan daun bawang adalah bahan tambahan yang umum digunakan sebagai pelengkap tteokbokki. Mandu atau kue bola khas Korea yang dikukus juga biasa menjadi teman tteokbokki.

Selain gochujang, bumbu lain yang umum digunakan adalah ganjang atau kecap kedelai asin yang tidak pedas. Menu ini disebut gunjung tteokbokki atau ganjang tteokbokki. Resep ini justru jadi awal mula tteokbokki, lho, guys.

Ketika Korea dipimpin oleh Dinasti Joseon, masakan ini bernama gunjung tteokbokki. Masakan ini berupa huintteok  yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, kecambah kacang hijau, bagogari, peterseli, jamur shitake, wortel, dan bawang bombai. Rasanya jelas jauh berbeda dengan tteokbokki yang berkembang kini.

Tteok yang dimasak biasanya terdiri atas lima warna yang melambangkan Korea, yaitu merah, kuning, putih, hitam, dan biru.

Di Korea, makanan ini dapat dengan mudah dijumpai di daerah manapun. Bunsikjip atau kedai makanan Korea yang umumnya menjual makanan yang tidak begitu mahal biasanya menyediakan menu ini. Begitu pula tteokbokki dapat ditemui di pojangmacha atau tenda yang menjual menu-menu jajanan Korea.

Kawasan Sindang-dong di Seoul dikenal sebagai tempat makan tteokbokki. Hal ini karena setelah usai perang Korea, sebuah kios kecil di jalan tersebut pertama kali menjual tteokbokki dengan bumbu cabai.

Kini, terdapat banyak variasi tteokbokki seperti curry-tteokbokki, cream sauce tteokbokki, teokbokki keju, teokkochi (tteokbokki dengan tusukan bambu), jajang tteokbokki (dibuat dengan saus gandum manis), seafood tteokbokki, galbi tteokbokki (dengan tambahan iga), dan sebagainya.

Jadi gimana, kamu udah pernah nyicipin makanan yang satu ini atau belum? Eits, nggak usah jauh-jauh ke Korea. Di Indonesia, kamu sudah bisa menemukannya di banyak kedai yang menjual makanan Korea. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah seperti di sini.

varian biskuit cokelat

Varian Biskuit Cokelat Berbagai Merek yang Mendunia

HUT Lazada ke-7

Super Party untuk Rayakan HUT Lazada Ke-7