in

Tutoral Menghemat Baterai Ponsel Saat Mati Listrik

Jaga-jaga agar tetap bisa dihubungi kapan saja

cara menghemat baterai ponsel
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Mati listrik yang mendadak terasa menyebalkan, bukan? Banyaknya pekerjaan yang mengandalkan pasokan listrik membuat pemadaman membuat banyak orang kebingungan. Tak terkecuali dengan pengguna ponsel. Yuk, simak cara menghemat baterai ponsel agar lebih siap siaga saat terjadi pemadaman listrik sewaktu-waktu.

Cek aplikasi

Kini, ponsel sudah banyak dibekali dengan berbagai aplikasi, baik bawaan maupun yang diunduh sendiri. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, tentu jumlah daya yang terpakai akan semakin besar. Jika didiamkan, hal tersebut akan menyedot daya baterai ponsel lebih cepat.

Solusinya, bisa dengan mencari tahu aplikasi berdaya tinggi yang tidak terlalu dibutuhkan, misalkan game atau e-commerce. Saat terjadi pemadaman dan baterai ponselmu tidak mencukupi, ikhlaskan aplikasi boros baterai tersebut dengan cara menghapusnya.

Cek ulang aplikasi yang mengandung iklan. Iklan pop-up ini juga tak kalah menyita daya baterai. Biasanya, aplikasi yang mengandung iklan adalah aplikasi yang kamu unduh ke ponsel dan bukan bawaan dari ponsel tersebut.

Tak lupa, matikan mode sinkronisasi otomatis. Sinkronisasi biasanya digunakan untuk menyamakan dan mengamankan informasi secara berkala. Akses ini membutuhkan internet. Jika sulit mencari jaringan, ponsel akan terus mencari sinyal dan memakan banyak daya baterai ponsel.

Perhatikan layar

Tahukah kamu bahwa dengan mengurangi pencahayaan pada layar, kamu turut menghemat daya baterai ponsel? Lakukan hal tersebut jika tak ingin baterai lekas terkuras, ya.

Selain itu, hindari penggunaan live wallpaper atau gambar latar yang berbentuk animasi atau gambar bergerak lainnya. Walaupun menggemaskan, penggunaan latar belakang layar seperti ini akan mengakibatkan baterai boros dan mudah habis.

Tak kalah penting, matikan pula notifikasi pop-up yang seringkali muncul. Biasanya, notifikasi seperti ini diaktifkan untuk aplikasi chat. Agar bisa menghemat daya baterai, kamu bisa non-aktifkan sementara mode notifikasi tersebut.

Matikan

Jika kamu rasa tidak terlalu membutuhkan alat komunikasi, kamu bisa menghemat daya dengan mematikan ponsel milikmu. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan jaringan secara keseluruhan alias mengaktifkan ‘mode pesawat’. Cara ini bisa kamu gunakan jika kamu masih membutuhkan ponsel untuk melihat jam ataupun catatan.

Kamu bisa mematikan akses internet namun tetap menyalakan akses sinyal telepon. Jadi, kamu masih bisa berkomunikasi dengan menelepon atau berkirim SMS.

Hindia dan Rara Sekar

Hindia dan Rara Sekar Hadirkan ‘Membasuh’ yang Membasuh

idol group yang akan debut

Siap-Siap, Ini Idol Group yang akan Debut dan Comeback Bulan Ini