in

Tutorial Eksfoliasi Wajah Agar Tidak Over-Exfiliate

Bersihkan wajah dengan baik dan benar, ya.

cara eksfoliasi
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Salah satu tahapan penting dalam perawatan wajah adalah eksfoliasi. Sayangnya, tidak semua orang melakukan proses ini dengan baik. Anjuran eksfoliasi sebenarnya baik untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Dampak yang diberikan pun menggiurkan, yakni kulit lebih cerah hingga menyamarkan kerutan. Yuk, mulai belajar cara eksfoliasi agar merasakan dampaknya secara maksimal.

Pilih bahan dan alat

Kenali jenis kulitmu terlebih dahulu sebelum melakukan eksfoliasi. Jenis eksfoliator atau bahan eksfoliasi sendiri terbagi menjadi dua, yakni secara mekanik dan kimiawi. Eksfoliasi secara mekanik untuk kulit kering, sensitif, dan acne-prone bisa dilakukan dengan kain lembut. Sementara, untuk kulit berminyak, eksfoliasi mekanik bisa dibantu oleh sikat lembut khusus untuk wajah.

Selain alat, eksfoliasi mekanik juga bisa menggunakan bahan berupa scrub. Sebaiknya, scrubbing dilakukan pada kulit berminyak, normal, dan kombinasi. Scrubbing tidak dianjurkan bagi pemilik kulit kering atau sensitif.

Bahan kimia yang biasa dimanfaatkan sebagai eksfoliator adalah alpha hydroxy acid (AHA) untuk kulit kering dan kominasi serta beta hydroxy acid (BHA) untuk kulit sensitif. Jika kulit wajahmu berminyak dan acne-prone, kamu bisa menggunakan retinoid, asam salisilat, dan asam glikolat.

Gerakan lembut

Eksfoliasi alami mungkin terjadi karena setiap sel kulit manusia akan berganti setiap 25—30 hari sekali. Eksfoliasi yang kita lakukan akan membantu tahapan ini sehingga kulit wajah tidak tertumpuk sel kulit mati. Saat melakukannya, tetap lakukan dengan gerakan lembut, ya, baik ketika melakukan eksfoliasi mekanik maupun kimiawi.

Durasi eksfoliasi juga jangan terlalu lama. Cukup putar-putar eksfoliator pada wajah selama 30 detik, kemudian bilas dengan air hingga bersih dan hindari penggunaan air panas. Ketika sudah melakukan eksfoliasi, gunakan pula handuk berserat halus. Kulit yang sudah dieksfoliasi cenderung lebih sensitif.

Jangan terlalu sering

Sama seperti tahapan perawatan kulit lainnya, lakukan eksfoliasi secara berkala. Idealnya, eksfoliasi tidak dilakukan terus-menerus selama berhari-hari. Kamu cukup melakukan eskfoliasi dua kali dalam seminggu. Jika kulitmu berminyak dan berjerawat, kamu boleh melakukannya lebih sering maksimal 3—4 kali dalam seminggu.

film The Last Song

Kilas Balik Film-film Miley Cyrus, Sudah Nonton?

BJ Habibie

Film-film tentang Perjalanan BJ Habibie