in

Tutorial Membuat CCTV dengan Ponsel Bekas

Intip apa yang terjadi dengan CCTV

membuat CCTV
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu terpikir untuk membuat CCTV dengan barang-barang sederhana? CCTV sendiri merupakan singkatan dari closed circuit television. CCTV berfungsi untuk merekam momen yang terjadi untuk alasan keamanan. Nah, kali ini Tim Ngobrolin bakal berbagi informasi tentang tutorial membuat CCTV dengan ponsel bekas.

CCTV biasa dipasang di sudut ruangan, halaman rumah, hingga lorong-lorong bangunan. Dengan CCTV, kamu bisa melacak kembali aktivitas yang terpantau dari kamera. Jadi, jika ada orang asing yang memasuki wilayahmu, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut lewat rekaman yang ada pada CCTV.

Kini, kamu bisa membuat CCTV sendiri dengan alat-alat yang mudah ditemukan, lho. Kamu tidak perlu memanggil jasa pemasangan CCTV. Selain lebih hemat, cara ini juga lebih ramah lingkungan sebab memanfaatkan barang-barang bekas.

Benda pertama yang kamu butuhkan adalah dua buah ponsel smartphone yang sudah tidak digunakan lagi. Kamu bisa menggunakan ponsel pintar bekas milikmu yang sudah tidak terpakai, baik Android maupun iOS.

Kamu membutuhkan dua ponsel karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Ponsel pertama akan digunakan sebagai kamera CCTV. Sementara, ponsel kedua akan digunakan untuk memonitor kamera yang digunakan.

Benda berikutnya yang perlu kamu siapkan adalah charger atau power bank. Kedua benda ini digunakan mengisi daya ponsel. Sebaiknya, ponsel pertama yang digunakan sebagai kamera CCTV diletakkan dekat dengan sumber listrik.

Jika ponsel dan charger sudah disiapkan, berikutnya buat akun Google yang akan digunakan untuk menyambungkan CCTV ini. Akun ini bukan akun pribadi yang biasa kamu gunakan, ya. Sebab, jika terjadi peretasan cara ini akan efektif melindungi data-data milikmu.

Unduh aplikasi yang biasa digunakan untuk memantau aktivitas serupa CCTV, baik di Play Store maupun di AppStore. Letakkan ponsel pertama di lokasi yang tersembunyi. Pastikan kamu bisa merekam wilayah yang kamu inginkan.

Ponsel kedua bisa kamu bawa kemana pun kamu pergi. Kamu bisa memantau situasi dan kondisi rumahmu yang sudah kamu pasangi CCTV dengan menggunakan smartphone tersebut. Caranya, masuk ke aplikasi tersebut dengan menggunakan akun yang sama. Dengan begitu, kamu bisa memantau keadaan rumahmu dari mana pun!

aplikasi edit foto

Hits, Ini Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2019

tips supaya spatula kayu awet

Tips Supaya Spatula Kayu Awet dan Bertahan Lama