in

Tutorial Mengatasi Dinding Lembap dan Berjamur

Estetika dalam ruangan juga harus dijaga

mengatasi dinding lembap
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Rumah, terutama pada dinding, sering kali ditumbuhi jamur. Pemicu utamanya tentu saja kondisi dinding yang lembap. Noda jamur akan merusak pemandangan di dalam rumah. Oleh karena itu, gunakan cara ini untuk mengatasi dinding lembap dan berjamur dengan cepat dan mudah.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan noda yang terlanjur muncul di permukaan dinding. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Jenis cairan pembersih ini sangat banyak di pasaran. Kamu pun bisa mendapatkannya mulai dari minimarket hingga marketplace.

Aplikasikan cairan pembersih tersebut ke noda yang terdapat di dinding. Biarkan hingga cairan meresap ke dalam dinding dan menjadi kering. Agar proses ini mejadi lebih cepat, kamu bisa gunakan dehumifiier yang bisa menyerap kelembapan yang dekat dengan dinding.

Jika jamur sudah menghilang, sebaiknya segera lakukan pengecatan terhadap dinding tersebut. Gunakan cat antinoda dan antijamur agar jamur tidak tumbuh lagi dan menimbulkan noda.

Selain dinding, jamur juga bisa tumbuh di bagian grout dan sealant. Bagian ini merupakan penghubung antarlantai. Bisanya, bagian ini juga terdapat di dinding kamar mandi. Jika bagian grout dan sealant terlanjur berjamur, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan.

Kamu bisa menghilangkan jamur tersebut dengan menghilangkan noda jamur. Jika sulit, kamu bisa mengeringkannya dan memotong sealant lama dengan pisau. Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan karena jamur yang sudah terlanjur tumbuh memang sulit dihilangkan dengan obat-obatan.

Selanjutnya, kamu bisa menyegelnya kembali menggunakan sealant baru. Cara ini bisa memperbaiki sealant lebih lama jika kamu menggunakan sealant yang tahan jamur. Tunggu hingga bagian tersebut kembali kering sebelum digunakan. Hal ini bisa mencegah munculnya jamur dengan lebih cepat.

Jika dinding rumahmu masih mulus, sebaiknya kamu juga tidak melewatkan perawatan dinding tersebut. Terlebih jika area rumahmu memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, langkah tersebut perlu kamu pertimbangkan sebelum terlambat.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain menggunakan dehumifier hingga pelapis dinding tahan lembap. Perhatikan pula sirkulasi udara dengan membuat jendela dan ventilasi yang baik. Pertukaran udara yang baik bisa menghindarkan dinding lembap. Terlebih dengan masuknya sinar matahari ke dalam rumah.

cara menghemat bahan bakar

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

peregangan sederhana di tempat kerja

Peregangan Sederhana di Tempat Kerja yang Bisa Kamu Lakukan