in

Tutorial Mengilangkan Kerak Kompor, Mudah dan Simpel

Teknik sederhana atasi kerak kompor membandel

menghilangkan kerak kompor
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu alat untuk memasak, kompor tak lepas dari kotoran yang menempel. Mulai dari bahan makanan hingga noda-noda yang sulit dihilangkan. Kebersihan kompor pun menjadi salah satu indikator kebersihan dapur. Jika kompor kotor, tentu memasak menjadi tidak nyaman, bukan? Oleh karena itu, berikut Tim Ngobrolin hadirkan tutorial menghilangkan kerak kompor dengan mudah dan simpel.

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak kompor adalah air panas. Penggunaan air panas ini dianjurkan terutama untuk menghilangkan kerak di bagian besi. Pisahkan bagian kompor seperti selang, penutup, tatakan, ring, dan kerangka. Rendam dengan air panas selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, noda akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Walaupun terbuat dari besi, tungku besi sebaiknya tidak direndam dalam air panas. Perendaman akan membuat tungku menjadi basah dan sulit dikeringkan. Akibatnya, api akan sulit dinyalakan kembali.

Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan larutan sabun pencuci piring untuk membersihkan kompor gas. Rendam bagian kompor gas dalam larutan sabun cuci piring. Biarkan minyak, kerak, dan noda lainnya lepas. Sebagai alat bantu, kamu bisa menggunakan sikat atau busa spons.

Bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kerak kompor adalah soda kue. Bahan ini bisa kamu gunakan dengan melarutkannya dalam air. Sebanyak 2 sendok makan soda kue dilarutkan dalam 1 liter air. Kemudian, larutan tersebut digunakan untuk membersihkan bagian permukaan kompor. Diamkan beberapa saat, setelahnya usap dengan kain basah.

Kamu juga bisa gunakan bahan alami lainnya seperti jeruk nipis atau cuka apel. Teteskan perasan jeruk nipis atau cuka apel pada bagian permukaan kompor. Diamkan selama beberapa saat dan bersihkan dengan lap basah. Kedua bahan ini mampu mengangkat noda minyak.

Salah satu jenis noda membandel yang menjadi kerak pada kompor adalah bekas cipratan minyak. Noda ini bisa timbul karena cipratan minyak saat menggoreng. Kamu bisa mengatasinya cukup dengan satu bahan sederhana, yaitu tepung terigu.

Taburkan tepung terigu pada noda minyak. Setelah itu, bersihkan bagian tersebut hingga tepung terigu bersih dengan menggunakan lap. Noda minyak pun akan turut terangkat bersama tepung dan kompor menjadi lebih bersih.

tidur bifasik

Berkenalan dengan Teknik Tidur Bifasik

kedekatan ibu dan anak

Dekat dengan si Kecil Bukan Halangan Buat Working Mom