in

Tutorial Merawat Kompor Gas

Bersihkan secara berkala agar tahan lama

merawat kompor gas
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Cara merawat kompor gas sangat memengaruhi performa peralatan dapur yang satu ini. Jika jarang dirawat, api yang dihasilkan dapat berwarna merah. Hal ini karena pembakaran yang tidak sempurna dari gas LPG itu sendiri. Yuk, intip cara merawat kompor gas yang benar.

Rajin bersihkan bodi dan tatakan

Saat memasak, remah-remah dan sisa makanan biasa terciprat dan mengenai bodi dan tatakan kompor. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan berubah menjadi kerak. Semakin lama dibiarkan, kerak akan semakin sulit dibersihkan.

Cara membersihkan bodi dan tatakan kompor bisa dilakukan dengan menggunakan spons. Sebelumnya, singkirkan kotoran yang bisa dilap dengan lap biasa. Gunakan cairan sabun pencuci piring untuk membersihkan noda membandel. Gosok perlahan dan bilas dengan air untuk menghilangkan bekas sabun.

Bersihkan tungku dan burner

Bisa dibilang, tungku dan burner adalah bagian utama dari kompor gas. Jika burner kotor, gas tidak akan mengalir dengan baik. Hal ini mengakibatkan api tidak dapat menyala. Tungku yang berkerak dapat menghasilkan api berwarna merah. Akibatnya, peralatan masak sangat rawan gosong dan berjelaga sehingga sulit dibersihkan.

Sikat kedua komponen kompor ini dengan sikat gigi bekas dengan bantuan krim pembersih. Tungku dan burner sebaiknya tidak direndam dalam air. Jika air menyumbat lubang burner, air tersebut akan sulit dikeringkan. Air justru akan menghasilkan karat dan lubang tersumbat secara permanen. Jika gejala kerusakan kompor yang kamu alami adalah kompor sulit menyala, kamu perlu memeriksa burner-nya terlebih dahulu.

Periksa pemantik dan knop

Tak kalah penting, pemantik dan knop nyala kompor juga harus rutin diperiksa. Percikan api yang dihasilkan oleh pemantik sangat kecil. Namun, bila pemantik tidak bisa mengeluarkan api, kompor gas tidak bisa menyala. Pastikan knop on-off pada kompor juga berfungsi normal sehingga masih dapat digunakan untuk mengatur besarnya nyala api.

Cek berkala regulator dan selang tabung gas

Regulator digunakan untuk mengatur tekanan gas yang mengalir menuju kompor. Aliran gas ini dihubungkan dengan selang tabung gas. Jika kedua komponen ini tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin terjadi kebocoran gas sehingga menimbulkan ledakan tabung gas.

Cara merawat kompor terutama bagian regulator dilakukan dengan menyesuaikan kondisi pada low pressure dan jangan melebihi tekanan tabung gas. Pastikan terdengar ‘klik’ saat memasang regulator. Bunyi mendesis adalah indikasi terjadi kebocoran. Tambahkan klem pada ujung selang agar semakin rapat dan tidak ada gas terbuang.

wisata di Kalimantan Timur

Liburan? Yuk, Kunjungi Wisata di Kalimantan Timur

Instagram dark mode

Dark Mode: Fitur Terbaru Instagram Diluncurkan