in

Ubah Barang Bekas Jadi Berguna dengan Cara Ini

Dari pada dibuang dan mencemari lingkungan, yuk ubah barang bekas jadi berguna

cara memanfaatkan barang bekas
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sering kali kita merasa punya banyak barang yang tak lagi digunakan. Ingin dibuang tapi masih bagus, sedangkan kalau disimpan juga sudah tidak berguna. Ngobrolin.id bakal bagi tips nih ke kamu cara memanfaatkan barang bekas supaya jadi lebih berguna.

Vas bunga

Kamu punya botol bekas yang sudah tidak terpakai? Jangan dulu dibuang karena kamu masih bisa melakukan daur ulang. Caranya adalah dengan mengecat botol bekas tersebut menggunakan cat semprot. Ngobrolin sarankan, kamu pilih warna yang netral namun tetap mencolok seperti emas, silver, atau warna-warna pastel.

Siapkan bunga yang bisa kamu letakkan di dalamnya. Nggak perlu bunga segar yang harganya menguras kantong, kamu bisa juga gunakan bunga imitasi yang banyak dijual di pasaran.

Letakkan vas tersebut di ruang tamu atau meja belajar kamarmu. Selain mengurangi limbah, daur ulang ini juga bisa mempercantik interior rumahmu, kan?!

Tempat aksesori

Coba lihat ke dinding kamar dan rumahmu, apakah kamu menemukan pigura yang tak lagi terpakai? Bisa jadi sudah saatnya kamu butuh pigura yang lebih besar. Atau, pigura milikmu rusak dan bagian kacanya pecah.

Jangan khawatir karena Ngobrolin punya solusi. Caranya adalah dengan mengubah pigura bekas tersebut menjadi tempat aksesori.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan alat dan bahan. Siapkan pigura bekas dan sekrup kait. Kamu bisa ganti bagian belakang pigura jika sudah terlihat lapuk. Cara membuatnya cukup kaitkan kait tersebut ke bagian belakang pigura hingga kuat dan tidak jatuh.

Tempat aksesori pun siap digunakan. Kamu bisa menggantung banyak hal di sini. Mulai dari kunci kendaraan, gelang, sampai kalung bisa kamu letakkan di sini. Jadi, nggak ada lagi tuh lupa naruh barang.

Rak serbaguna

Punya banyak kaleng susu bekas? Kini saatnya mengubah kaleng susu yang sudah tak terpakai jadi lebih bermanfaat.

Pertama, cat seluruh bagian kaleng dengan cat semprot. Warnanya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan, ya. O iya, jumlah kaleng yang kamu gunakan bebas. Kamu bisa gunakan sebanyak mungkin agar rak yang kamu buat bisa lebih besar.

Jika sudah, kamu bisa satukan kaleng-kaleng tersebut secara horizontal dengan lem. Satukan hingga erat dan tidak jatuh, ya. Pastikan bagian bawahnya datar agar bisa digunakan.

 

 

makanan khas Sumsel

Nggak Cuma Pempek, Ini Makanan Khas Sumsel Lainnya

uji coba LRT

Uji Coba LRT, Sudah Siap?