in

Ujian Nasional 2020 Ditiadakan, Anak Sekolah Lulus Pakai Ini

ujian nasional dihapus dan ini dia syarat kelulusan

ujian nasional
foto: pixabay

Ngoborlin.id Ujian Nasional 2020 untuk semua jenjang dari SD hingga SMA dihapuskan karena wabah Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia. Kebijkan ini diambil untuk melindungi para peserta ujian dari paparan virus corona yang masih mengancam. Ketetapan tersebut sudah tertuang di dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease.

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim sudah menyiapkan pengganti ujian nasional berupa ujian sekolah yang diadakan oleh masing-masing sekolah via online. Namun, bagi sekolah yang tidak bisa memberikan ujian sekolah jarak jauh atau secara online, kelulusan bisa dilakukan melalui portofolio dan nilai rapor siswa. Penentu kelulusan juga bisa dilihat dari penugasan atau asesmen jarak jauh.

Dilansir dari kumparan, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Plt. Kabalitbang) Totok Suprayitno menyampaikan bahwa materi ujian sekolah yang akan digunakan diserahkan kepada masing-masing guru.

Ujian sekolah yang dilakukan juga tidak harus tertulis. Kelulusan siswa bisa mengacu pada nilai rapor serta prestasi yang pernah siswa dapatkan sebelumnya selama bersekolah. Dengan kata lain, sekolah saat ini berperan sebagai penentu kelulusan melalui evaluasi yang dilakukan oleh para guru.

Skema penentuan kelulusan setiap jenjang berdasarkan nilai rapor dilihat dari 5 semester sebelumnya. Untuk jenjang SD, nilai kelulusan bisa dilihat dari kelas 4, 5, dan 6 semester pertama. Semester 2 di kelas 6 dapat menjadi nilai tambah untuk kelulusan. Untuk jenjang SMP dan SMA pun sama, semester 2 di kelas 9 atau kelas 12 menjadi nilai tambahan untuk kelulusan.

Sementara untuk SMK, nilai kelulusan dilihat dari nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio, dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai di semester 2 kelas 12 juga menjadi nilai kelulusan tambahan.

Sebenarnya sudah sejak 2015, UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan. Oleh karena itu, nilai UN sudah tidak ada di ijazah.

Kebijakan penghapusan ujian nasional tidak akan memengaruhi proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) karena proses penerimaannya masih sama seperti tahun lalu dengan sistem zonasi.

 

 

muffin jagung

Resep Muffin Jagung yang Mudah Ditiru

google dan apple

Google dan Apple Berkolaborasi Membuat Alat Pelacak Virus Corona