in ,

Ulik Ulang Lokananta, Studio Bersejarah di Surakarta

Sudah pernah berkunjung kemari?

Studio Lokananta
Foto: instagram lokananta_musik

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu mendengar nama Studio Lokananta yang satu ini? Lokananta merupakan perusahaan rekaman pertama yang didirikan di negara Indonesia. Tak hanya itu, hingga kini Lokananta masih menjadi satu-satunya studio rekaman milik negara.

Hari jadi Studio Lokananta bertepatan pada 29 Oktober 1956. Pembuatan studio ini atas inisiatif dari R. Maladi, mantan Menteri Penerangan dan Menteri Pemuda dan Olahraga. Lokasi yang dipilih berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Awalnya, studio ini hendak diberi nama Indra Vox, yang merupakan singkatan dari Indonesia Raya Vox. Namun, nama tersebut ditolak oleh Presiden Soekarno. Jadilah nama resmi yang digunakan pertama kali adalah Pabrik Piringan Hitam Lokananta Jawatan Radio Kementerian Penerangan Republik Indonesia.

Lokananta sendiri memiliki arti yang sangat bagus. Bila diartikan, kata ‘Lokananta’ berarti seperangkat gamelan surgawi dalam pewayangan Jawa. Gamelan tersebut dapat berbunyi sendiri dengan suara yang sangat merdu.

Seiring berjalannya waktu, nama perusahaan ini pun berubah menjadi Perusahaan Negara Lokananta. Perusahaan ini pun terus berkembang. Pada 2004 Lokananta memiliki banyak kegiatan antara lain sebagai studio rekaman, duplikasi audio berupa kaset dan CD, broadcasting, serta percetakan dan penerbitan.

Keberadaan studio ini pun sudah menjadi saksi dari banyaknya musisi Indonesia yang merekam karya mereka. Mulai dari Gesang, Waldjinah, Titiek Puspa, Bing Slamet, Manthous, hingga Sam Samiun.

Tak ketinggalan musisi masa kini juga pernah mengukirkan sejarah pernah mencipta karya di balik Lokananta. Beberapa di antaranya White Shoes & Couples Company, Glenn Fredly, dan Slank yang baru saja merekam album terbaru mereka di sini.

Karena banyak digunakan oleh musisi ternama, koleksi yang disimpan oleh Studio Lokananta pun tak bisa dibilang sedikit. Di sini, kamu bisa menemukan master lagu Indonesia Raya berbagai stanza. Selain itu, ada pula master lagu dari Waldjinah, Orkes Aneka Warna, Orkes Kerontjong Tjendrawasih, Zaenal Combo, dan masih banyak lagi.

Tak perlu risau untuk mencari keping piringan hitam atau kasetnya, kini kamu bisa mendengarkan musik-musik tersebut dengan streaming seperti Spotify dan Joox.

Jika kamu berkunjung ke mari, kamu juga akan menjumpai spekaer langka yang dimiliki Lokananta. Konon, speaker ini hanya ada dua di dunia. Speaker satunya berada di studio BBC, London. Bahkan, kualitas rekaman di Studio Lokananta setingkat lebih bagus daripada studio Abbey Road yang terletak di London.

nama Android

Bukan Dessert Manis, Google Ganti Konsep Nama Android

tips menggunakan clay mask

Tips Menggunakan Clay Mask, Jangan Sampai Salah