in ,

UN dan UAS Ditiadakan, Ini Kriteria Kelulusan Siswa

UN dan UAS
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pandemi masih berlangsung dan kegiatan belajar-mengajar masih dilakukan secara daring. Belum lama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan bahwa UN dan UAS (ujian akhir semester) ditiadakan.

Seperti yang kita ketahui, UN dan UAS sudah sejak lama menjadi salah satu syarat untuk kelulusan dan penentu apakah siswa layak untuk naik ke jenjang kelas berikutnya atau tidak. UN sendiri sudah ditiadakan sejak tahun lalu saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Namun, peniadaan UAS, sepertinya baru diterapkan pada saat ini.

Di dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Budaya Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dijelaskan kriteria siswa yang dianggap layak lulus dari sekolah dan bisa naik ke jenjang kelas berikutnya.

Siswa dinyatakan lulus berdasarkan nilai rapor tiap semesternya. Nilai lain yang tidak kalah penting selain nilai pelajaran adalah nilai sikap. Dan, siswa akan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Nah, ujian yang akan diselenggarakan oleh satuan pendidikan itu akan dilaksanakan dalam tiga bentuk, yaitu portofolio evaluasi atas nilai rapor, perilaku, dan prestasi yang sudah pernah dicapai. Selanjutnya adalah penugasan dan terakhir ialah tes secara luring dan daring atau bentuk kegiatan penilaian lain yang sudah ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Khusus untuk siswa sekolah menengah kejuruan, mereka juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kriteria penilaian tersebut juga berlaku untuk siswa yang mengikuti program Paket A, Paket B, dan Paket C.

Sementara itu, untuk ujian akhir semester akan dilakukan hampir sama seperti ujian nasional. Penilaian dilakukan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi dari nilai rapor, sikap, dan prestasi yang sudah didapatkan. Kemudian penugasan, tes secara luring atau daring, dan bentuk kegiatan lain yang sudah ditetapkan oleh satuan pendidikan.

UAS akan dirancang untuk mendorong motivasi belajar anak agar semakin bermakna dan tidak menjadi tolak ukur pencapaian kurikulum.

hidden gem di Jakarta

Hidden Gem di Jakarta Buat Kamu Pencinta Tanaman

jeng kelin

Sangat Populer, Apakah Nycta Gina Bisa Kembali Hadir Sebagai Jeng Kelin?