in

Unik, Beginilah Fakta Galaksi di Alam Semesta

fakta galaksi di alam semesta
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai kumpulan bintang yang saling terhubung dalam satu kesatuan, galaksi digambarkan sebagai benda langit sangat besar yang secara konstan berkembang menjadi lebih besar. Galaksi di alam semesta pun tak hanya yang selama ini kita tinggali, yakni galaksi Bima Sakti. Ada beberapa keunikan fakta galaksi di alam semesta.

Jumlah galaksi di seluruh alam semesta ternyata teramat banyak, lho. Jika dipantau dengan teleskop Hubble milik NASA, kurang lebih ada hingga 2 triliun galaksi di alam semesta ini! Jumlah tersebut tentu saja sangat banyak. Jumlah itu belum termasuk galaksi-galaksi lain yang belum terdeteksi karena keterbatasan peralatan manusia, ya.

Dengan menggunakan teleskop tersebut, manusia bisa memperkirakan galaksi yang terjauh dari bumi mencapai 13,4 miliar tahun cahaya. Artinya, untuk mencapai galaksi tersebut, dibutuhkan waktu hingga 13,4 miliar tahun dengan transportasi yang menyamai kecepatan cahaya. Nama galaksi tersebut adalah GN-z11.

Jangan bayangkan bahwa galaksi terjauh ini tampak seperti cahaya yang sangat indah. Galaksi GN-z11 akan terlihat seperti noda berwarna merah, yang disebut sebagai redshift. Bentuk seperti inilah yang digunakan para astronom untuk menentukan jarak galaksi dari bumi.

Sebelum GN-z11, rekor galaksi terjauh sebelumnya dipegang oleh EGSY8p7. Ukuran galaksi paling jauh ini terlihat 25 kali lebih kecil ketimbang galaksi pendahulunya. Selain itu, galaksi terjauh ini juga diperkirakan muncul lebih cepat dari bumi ke alam semesta.

Selain galaksi terjauh, ada pula galaksi terdekat yakni galaksi Andromeda. Galaksi yang diambil dari nama konstelasi Andromeda ini bahkan bisa diamati dari bumi dengan mata telanjang. Jika kamu berada di alam terbuka yang jauh dari polusi udara, galaksi ini terlihat seperti kabut tipis. Agar lebih optimal, kamu bisa mengamatinya pada September, Oktober, dan November.

Banyaknya galaksi dan ukurannya yang sangat besar menyebabkan manusia belum bisa berkelana menuju galaksi lain. Jangankan galaksi lain, hingga kini belum ada manusia yang bisa keluar dari tata surya tempat matahari menjadi pusatnya.

Namun, jangan sangka jika galaksi adalah benda terbesar di alam semesta. Masih ada lagi benda langit yang jauh lebih besar. Salah satunya adalah Boss Great Wall atau dinding galaksi. Saking besarnya, benda ini mencapai luas lebih dari satu miliar tahun cahaya. Luas ini setara dengan kurang lebih 830 galaksi jika digabungkan menjadi satu.

cara merawat buku

Agar Awet, Begini Cara Merawat Buku

alat bantu buat si kecil belajar jalan

3 Alat Bantu Buat si Kecil Belajar Jalan