in

Unik, Berikut Asal Kata Nama Negara di Eropa Ini

nama negara-negara di Eropa
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Beberapa negara di dunia punya nama-nama yang terdengar unik. Namun di balik nama-nama tersebut, ternyata tersimpan arti kata yang beragam, lho. Penasaran apa saja asal kata nama negara-negara di Eropa berikut?

Azerbaijan

Tidak seperti nama kebanyakan negara Eropa yang berakhiran –land­, negara yang satu ini punya nama cenderung unik. Ada dua versi asal nama Azerbaijan. Pertama, kata ini diserap dari nama Atropates yang merupakan Gubernur Iran Utara saat Kekaisaran Achaemenid Persia.

Sumber kedua menyatakan bahwa kata ini berasal dari bahasa lokal. Azerbaijan berasal dari kata ‘azer’ yang berarti api dan ‘baydjan’ yang berarti pelindung. Konon, di daerah Azerbaijan dulu banyak terdapat kuil penyembah api.

Belarus

Dalam bahasa Latin, kamu bisa memenggal nama negara ini menjadi dua kata. ‘Byelo’ berarti putih dan ‘rus’ berarti Rusia. Jika diterjemahkan secara harfiah, Belarus berarti Rusia Putih. Tidak ada yang tahu pasti mengapa istilah tersebut disematkan. Namun sejak abad pertengahan, daerah yang kini menjadi negara itu sudah disebut sebagai Belarus.

Bosnia & Herzegovina

Nama negara ini unik karena terdiri atas dua kata. Bosnia awalnya merujuk kepada suatu daerah yang terletak di sekitar Sungai Bosnia. Bosnia juga berasal dari kata bhog yang berarti ‘arus’. Sementara, Herzegovina berasal dari bahasa Serbia Kuno, yaitu ‘herceg’ yang berarti daerah yang dipimpin oleh adipati.

Luxemburg

Dalam bahasa Jerman, kata ‘litilla’ berarti kecil dan ‘burg’ berarti benteng. Negara yang menggunakan bahasa resmi berupa bahasa Luxemburg, Jerman, dan Prancis ini punya arti nama ‘benteng kecil’.

Makedonia

Nama negara ini diambil dari bahasa Yunani, ‘makedones’ yang memiliki arti tinggi. Wilayah negara ini memang dikenal merupakan dataran tinggi. Selain itu, postur tubuh penduduk lokalnya pun lebih tinggi ketimbang penduduk daerah lainnya.

Malta

Dalam bahasa Funsia, Malta diambil dari kata ‘melita’ yang berarti ‘tempat mengungsi’. Sementara, dalam bahasa Yunani, Malta bisa juga dikatkan dengan kata ‘meli’ yang berarti madu. Negara kepulauan ini memang dikenal dengan madunya yang khas.

Nah, itu tadi adalah beberapa arti nama negara-negara di Eropa yang cukup unik. Di balik sebuah nama, pasti tersisip doa. Kalau menurut kamu, negara mana nih yang punya nama paling unik?

Penyebab rambut beruban

Rambut Beruban? Mungkin Ini Sebabnya

profesi Raditya Dika

Mengulik Beragam Profesi Raditya Dika