in ,

Urban Legend Terowongan Casablanca, Konon Harus Bunyiin Klakson!

terowongan casablangka
foto: pexels

Ngobrolin.id— Anak ‘90-an pasti tahu banget sama urban legend Terowongan Casablanca yang pernah dibuat menjadi film dengan judul Terowongan Casablanca. Konon, kalau lewat terowongan ini harus membunyikan klakson agar terhindar dari marabahaya.

Terowongan Casablanca terletak di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, tepatnya di jalur Jatinegara mengarah ke Jalan Jenderal Sudirman. Terowongan ini menjadi salah satu jalan yang banyak dilalui oleh warga Jakarta karena Kuningan sendiri merupakan kawasan bisnis yang cukup padat.

Cerita mistis terowongan ini diawali karena proses pembangunan terowongan yang dilakukan di atas lahan bekas pemakaman massal. Kuburan yang berada di area proyek terowongan tersebut dipindahkan ke tempat lain. Namun, katanya ada satu jenazah yang masih utuh dan belum sempat dipindahkan. Sebagian masyarakat percaya bahwa penunggu area pemakaman yang sudah dipindahkan tersebut tidak ikut berpindah dan menetap di terowongan tersebut.

Namun, ada cerita versi lain yang menceritakan asal-muasal kesan angker terowongan tersebut. Dikisahkan ada seorang gadis yang diperkosa sekaligus dibunuh oleh sekelompok pemuda, kemudian jenazah gadis tersebut dibuang di terowongan tersebut. Akhirnya, sang gadis diduga menjadi hantu gentayangan dalam wujud nenek-nenek.

Suasana angker Terowongan Casablanca menjadi semakin mencekam saat banyak kasus kecelakaan di terowongan itu yang menimbulkan korban jiwa. Konon, para korban kecelakaan melihat makhluk halus yang membuat konsentrasi mereka pecah saat mengendara.

Terowongan Casablanca sudah dibuka sejak 1996/1997. Terowongan ini dibuat setelah adanya kunjungan Pemerintah Maroko ke Indonesia. Pembangunan terowongan ini menjadi simbol persaudaraan antara Indonesia dan Maroko.

Membunyikan klakson hanya sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat, bukan merupakan aturan wajib yang harus dilakukan. Jadi, kamu gak perlu terlalu sering membunyikan klakson di dalam terowongan jika kamu sudah berjalan pada jalur yang benar dan taat berlalu lintas.

Membunyikan klakson malah akan menyebabkan suara di dalam terowongan bergema. Gunakan klakson hanya untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain. Di dalam terowongan usahakan jangan menyusul kendaraan lain, ya!

lalrangan pakai sunscreen

Mulai Banyak Pantai yang Menerbitkan Larangan Pakai Sunscreen, Kenapa Ya?

mengusir rasa kantuk

Trik Mengusir Rasa Kantuk Setelah Makan Siang