in ,

Usaha Beberapa Negara Mengevakuasi Warganya dari Cina Saat Wabah Virus Corona

usaha berbagai negara untuk mengevakuasi warganya, termasuk Indonesia

wabah virus corona
foto: instagram @pkk_kemkes

Ngobrolin.id — Hingga saat ini, wabah virus corona masih terus berlangsung dan semakin banyak menimbulkan korban jiwa. Dilansir dari CNNIndonesia.com, sudah tercatat sebanyak 425 korban meninggal dunia di Cina.

Di tengah maraknya wabah ini, seluruh orang yang berada di Wuhan dikarantina tidak boleh bepergian keluar. Sementara, para warga negara asing (WNA) yang berada di Wuhan sudah mulai dievakuasi oleh negaranya masing-masing. Beberapa negara tersebut bahkan sudah menyiapkan tempat karantina untuk warga negaranya yang habis bepergian ke daerah tersebut. Berikut ini beberapa usaha yang dilakukan oleh masing-masing negara untuk mengevakuasi warga negaranya.

Indonesia

Tepat pada awal Januari, hampir seluruh warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi keluar dari Wuhan menggunakan pesawat Batik Air. WNI yang dievakuasi langsung dikarantina untuk dipantau secara intensif selama 14 hari. Lokasi karantina tersebut berada di Pulau Natuna. Namun, pemilihan lokasi tersebut nyatanya menimbulkan keresahan bagi warga lokal Natuna, karena khawatir malah akan menyebarkan virus tersebut di Pulau Natuna.

Dilansir dari Kompas.com sebanyak 245 WNI sudah tiba di Pulau Natuna pada 1 Februari 2020. Mereka yang baru tiba langsung disemprot dengan cairan desinfektan untuk meminimalisir risiko virus. Di Natuna, mereka akan ditempatkan dalam barak karantina untuk dipantau kondisi kesehatannya.

Australia

Negari kangguru ini memilih Pulau Christmas yang berlokasi sangat jauh dari pusat kota, sekitar 2.000-an kilometer. Sejak dahulu, Pulau Christmas memang menjadi lokasi pengucilan sehingga pulau ini selalu menuai kontroversi. Australia membangun fasilitas karantina yang mampu menampung 1.000 orang.

Jepang

Sebanyak 200 warga negara Jepang sudah diterbangkan kembali ke Jepang dan mendarat di Bandara Haneda Tokyo. Warga tersebut langsung dikarantina di salah satu rumah sakit untuk diobservasi lebih lanjut mengenai kondisi kesehatannya. Sudah ada 11 warga negara Jepang yang terkonfirmasi virus corona.

Inggris

Dilansir dari BBC.com, sudah ada 200 warga Inggris yang diterbangkan kembali ke Inggris pada Kamis lalu. Mereka akan langsung masuk karantina yang berlokasi di salah satu pangkalan militer Inggris selama dua pekan.

Amerika Serikat

Sebanyak 240 warga Amerika dievakuasi kembali ke AS dan mendarat di Alaska. Seluruh warga negara yang habis dievakuasi langsung dibawa ke sebuah pangkalan militer yang berada di bagian California Selatan untuk dikarantina. Lokasi karantina tersebut dibilang cukup terpencil dan tidak bisa diakses sembarangan oleh publik.

lip balm rasa boba

Ada Lip Balm Rasa Boba, Lho!

virus corona

Perkembangan Persebaran Virus Corona