in

Usir Tuntas Penghalang Skripsi agar Cepat Selesai

Selamat berjuang, pejuang!

hambatan skripsi
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Skripsimu masih belum selesai? Ada banyak hambatan skripsi yang mungkin terjadi dalam mengerjakannya. Hambatan-hambatan tersebut sering menjadi kambing hitam jika mahasiswa lulus lebih lama. Jika kamu merasa demikian, ada baiknya kamu mencari tahu jenis hambatan yang kamu alami untuk mencari jalan keluarnya.

Malas

Hambatan utama mahasiswa tingkat akhir adalah rasa malas. Malas tumbuh dari diri sendiri. Penyebabnya pun beragam, mulai dari tidak mengerti skripsi yang dikerjakan, tidak berminat pada bidang yang sedang dipelajari, hingga banyaknya konsep yang harus dimengerti. Satu-satunya cara untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan: LAWAN! Iya, lawan rasa malas yang menggerogoti togamu!

Dosen ilang-ilangan

Pagi janjian, siang datang ke kampus, ditunggu sampai sore dosen masih tak tampak batang hidungnya. Ada? Banyak! Tipe dosen seperti ini bisa jadi penghalang skripsi untuk cepat selesai.

Triknya adalah pelajari tipe dosenmu. Datangi langsung ke kelas yang beliau ajarkan, hubungi dengan sopan, dan banyak minum vitamin D dan kalsium. Dua nutrisi tersebut bisa menguatkan tulangmu yang mulai rapuh seharian berdiri di depan pintu ruang dosen.

Dosen perfeksionis

Apa yang lebih parah daripada dosen yang seperti avatar, menghilang saat dibutuhkan? Iya, bener banget: dosen super-perfeksionis. Judul ditolak? Bab I dikembalikan? Atau, justru pekerjaan metode selalu bertentangan dengan permintaan beliau?

Coba luluhkan hati dosenmu dengan sikap pantang menyerah. Anggap saja yang kamu alami adalah persiapan menghadapi bos di dunia kerja. Kamu juga bisa menyiapkan banyak opsi judul dan metode jika dosenmu menolak. Jangan menunda PR yang diberikan oleh dosenmu, lakukan sekarang juga!

Data yang tidak sesuai ekspektasi

Ketika sudah sampai ke tahap pengumpulan data, sering kali data yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Akibatnya, teori yang digunakan pun jadi tak berfungsi. Biasanya, dosen akan menganjurkan kamu berganti metode. Jangan malas dan lakukan sekarang juga! Semakin cepat kamu menyelesaikan, semakin cepat skripsi kamu dijilid!

Menghindari teman

Terkesan sepele namun penting untuk support system tingkat akhir adalah pertemanan. Biasanya, beberapa pertemanan baru akan terbentuk ketika kamu memasuki tingkat akhir. Berikan dukungan dan motivasi kepada sesama pejuang skripsi. Hindari judging pada temanmu yang sama-sama belum selesai.

Waktu terpecah

Salah satu masalah yang tidak bisa dianggap sepele saat proses skripsi adalah finansial. Untuk mengatasinya, kamu bisa jujur pada dosenmu dan mengatakan bahwa kamu kesulitan biaya. Ada beberapa dosen yang memiliki proyek khusus dan butuh bantuan untuk mengerjakannya. Nah, biasanya ada imbalan (uang) untuk proyek itu.

Cara lainnya adalah dengan mencari uang sendiri. Ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan seperti mengajar di bimbingan belajar ataupun les privat, kerja part time, dan berbagai pekerjaan sampingan lainnya.

Eits, tapi jangan terbuai, ya. Waktu yang terpecah antara skripsi dan pekerjaan justru membuai bagi beberapa orang. Tetap ingat tujuan utamamu bahwa kamu harus lulus secepatnya!

Selamat berjuang pejuang skripsi! Jangan menyerah dan terlalu perfeksionis karena sebaik-baiknya skripsi adalah skripsi yang selesai dikerjakan.

uang Harry Potter

Kenali 3 Mata Uang Harry Potter

rekan kerja

Risiko Terlalu Baik pada Rekan Kerja