in ,

Viral Kasus Alat Swab Bekas, Lakukan Ini Sebelum Tes Swab

Kenali tes swab yang baru dan tes swab bekas

alat tes swab
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Belum lama ini warga Indonesia dihebohkan dengan kasus alat tes swab bekas yang digunakan di Bandara Kualanamu, Medan. Pelaku menjalankan aksinya sejak Desember 2020 dan kini sudah ditangani oleh pihak berwajib. Kasus ini sangat memprihatinkan dan membuat banyak orang resah.

Alat tes swab yang digunakan tidak boleh dalam keadaan bekas pakai karena dapat menjadi media penularan. Pasalnya, alat tersebut merupakan alat sekali pakai dan harus dibuang setelah digunakan. Selain itu, alat tersebut harus digunakan di bawah pengawasan tenaga medis ahli.

Untuk menghindari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti itu, kamu perlu lebih pintar lagi untuk mencari tahu kondisi alat tes swab yang akan digunakan. Berikut ini beberapa panduan tes swab yang bisa kamu jalankan sebelum tes swab.

Perhatikan kondisi alat tes swab

Alat tes masih baru akan terlihat memiliki permukaan swab stick yang berwarna putih bersih, mulus, dan tidak kelihatan bergerigi. Ketika dicium, alat tersebut tidak akan mengeluarkan aroma apa pun. Alat yang digunakan harus memiliki Nomor Izin Edar (NIE) dari Kementerian Kesehatan. Kamu berhak meminta kepada petugas untuk memperlihatkan Sertifikat NIE dari vendor penyedia alat.

Periksa alat yang digunakan, apakah masih dalam keadaan tersegel atau sudah terbuka. Alat yang masih dalam keadaan tersegel dapat mengindikasikan kondisi alat tersebut masih steril.

Kritis dan berani bertanya

Jika ada kejadian-kejadian yang dirasa mengganjal, kamu berhak bertanya kepada tenaga kesehatan untuk meluruskan informasi tersebut. Jangan takut menolak, apalagi untuk melaporkan kejadian ganjil agar dapat segera diusut dengan pihak yang berwajib.

Panduan yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes)

Nakes yang akan melakukan tes swab harus berinisiatif menjelaskan prosedur tersebut. Selain itu, nakes juga harus menunjukan kondisi alat yang masih tersegel kepada pasien. Nakes harus izin terlebih dahulu sebelum memasukkan alat tersebut ke hidung dan mulut. Alat tersebut harus digunakan oleh tenaga terlatih dari laboratorium yang berstandar.

tarian lengger maut

Sinopsis Tarian Lengger Maut yang Bakal Tayang 13 Mei 2021 di Bioskop

sumber kekayaan Bill gates

Sumber Kekayaan Bill Gates, Salah Satu Orang Terkaya di Dunia