in ,

Wah, Sepeda Nonlipat Bakalan Bisa Dibawa Naik MRT!

sepeda nonlipat
foto: instagram @aniesbaswedan

Ngobrolin.id — MRT merupakan salah satu moda transportasi yang sedang digemari oleh masyarakat Jakarta. Moda transportasi yang baru ada selama dua tahun ini terus melakukan inovasi-inovasi baru agar masyarakat semakin nyaman menggunakannya. Belum lama ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan bahwa sepeda nonlipat bisa masuk ke MRT.

Sebelumnya, sepeda yang boleh masuk ke gerbong MRT hanya sepeda lipat. Hal ini dikarenakan sulitnya akses menuju peron MRT, pengguna harus menuruni atau menaiki tangga terlebih dahulu. Bayangkan saja jika harus menuntun sepeda nonlipat melalui tangga untuk menuju peron.

Selain itu, dimensi sepeda nonlipat terbilang cukup besar sehingga dapat mengganggu kenyamanan pengguna lain. Berbeda dengan sepeda lipat, sepeda ini terbilang kecil dan mudah dibawa ke mana-mana.

Saat ini tangga menuju peron MRT sudah disediakan jalur khusus sepeda dan disebut ratangga. Pengguna dapat menuntun sepeda dengan mudah pada jalur tersebut. Fasilitas ini masih dalam tahap uji coba dan akan terus dievaluasi.

Sepeda nonlipat bisa masuk ke gerbong paling akhir di rangkaian MRT. Jumlah sepeda yang masuk cukup terbatas, hanya 4 sepeda. Dimensi sepeda nonlipat yang dapat masuk ke gerbong MRT ialah 200 cm × 55 cm × 120 cm dengan lebar maksimal 15 cm. Sepeda tandem tidak diperbolehkan masuk ke gerbong.

Pihak MRT juga menerapkan jam khusus untuk pengangkutan sepeda nonlipat, yaitu pada Senin hingga Jumat di luar jam sibuk, yaitu pukul 07:00—09:00 WIB dan 17:00—19:00 WIB. Di luar jam tersebut, pengguna bisa membawa sepeda nonlipat ke dalam gerbong MRT.

Ternyata, fasilitas untuk sepeda yang berdimensi cukup besar ini sudah dikaji sejak dua tahun yang lalu. Pihak MRT mengambil contoh dari negara-negara luar yang menyediakan fasilitas serupa.

Saat ini, pengguna sepeda nonlipat dapat mengakses ratangga di stasiun MRT Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI.

 

 

pengguna clubhouse

Pengguna Clubhouse Bakalan Mendapatkan Uang dari Aplikasinya

ghosting

Sederet Alasan Kenapa Di-ghosting Lebih Sakit