in ,

WAJIB Coba! Manfaat Senam Kegel Bikin Takjub Lho

manfaat senam kegel
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Senam kegel dapat dilakukan oleh pria dan wanita. Jenis olahraga ini tidak hanya dilakukan untuk menjaga otot-otot panggul tetap fit, tetapi juga untuk menghindari penyakit lain seperti kebocoran kandung kemih dan gas bahkan tinja. Melansir Boldsky, manfaat senam kegel dapat kamu rasakan hanya dalam waktu 3 bulan.

manfaat senam kegel
Foto: Google Image

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan pria ataupun wanita dari rutin melakukan senam kegel.

  1. Mengobati kebocoran kandung kemih

Kandung kemih, rektum, dan otot didukung oleh otot dasar panggul. Jika otot-otot dasar panggul lemah, itu dapat menyebabkan kandung kemih dan leher kandung kemih kurang memiliki dukungan di sekitar sfingter. Penyakit bisa menyerang ketika kurang berolahraga, mengangkat benda berat, atau ditularkan lewat bersin, batuk, dan tertawa. Kegel dapat mengatasi kondisi ini karena membantu mengencangkan dan memperkuat otot-otot dasar panggul.

  1. Mengurangi prolaps organ panggul (POP)

POP adalah suatu kondisi yang berkembang ketika organ panggul menekan ke dalam dinding vagina, dalam hal kehamilan dan persalinan, karena meregangkan dan melemahkan otot-otot dasar panggul. Seorang wanita dapat mengembangkan POP dari kelebihan berat badan, angkat berat yang lama, dan bahkan dari sembelit hingga batuk berat.

Kondisi ini tidak mengancam jiwa, tetapi bagaimana pun dapat menyebabkan rasa sakit dan takut berada di tempat umum. Kondisi itu dapat menghambat gaya hidup sosial yang aktif. Studi mengungkap sekitar 50 persen wanita yang melahirkan akan menderita POP dan juga menegaskan usia (50 tahun ke atas) adalah faktor utama yang menentukan perkembangan kondisi tersebut.

  1. Meningkatkan dukungan punggung dan pinggul

Karena kurangnya kekuatan pada otot-otot dasar panggul, kegel dapat memengaruhi persendian panggul, tulang ekor, dan tulang belakang bagian bawah. Hal itu menyebabkan nyeri punggung yang parah dan mengurangi kekuatan pinggul. Latihan kegel meringankan rasa sakit pada persendian dan punggung bagian bawah dengan mendukung dan memperkuat otot.

  1. Bantu pulih dari melahirkan

Apakah itu operasi caesar atau vagina, persalinan akan menyebabkan otot-otot dasar panggul menjadi lemah. Latihan kegel meningkatkan penyembuhan otot dan membantu membangun kembali kekuatan mereka. Anda dapat memperkuat otot-otot dasar panggul sebelum dan saat hamil.

  1. Bantu menopause

Latihan ini dapat membantu mengelola kesehatan panggul selama menopause. Fluktuasi kadar estrogen selama menopause dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah dan mengurangi kekuatan otot-otot dasar panggul.

  1. Meningkatkan kebugaran secara keseluruhan

Gaya hidup dan kebiasaan tertentu dapat berdampak negatif pada kesehatan. Duduk yang lama, cedera, dan yang serupa dapat menyebabkan kelemahan otot.

  1. Meningkatkan kehidupan seks

Latihan kegel sangat efektif dalam meningkatkan kehidupan seks seseorang. Kegel membantu mengencangkan vagina dan dapat membantu meningkatkan intensitas orgasme.

pentingnya doula

Pentingnya Doula, Pendamping Mommy Saat Melahirkan

miliuner paling di benci di dunia

Sosok Miliuner Paling Dibenci di Dunia, Siapa Dia?