in ,

Wajib Icip, Ini Aneka Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan dan soto Banjarnya nggak pernah salah!

kuliner khas Kalimantan Selatan
Foto: instagram sotobanjar_depotmakay

Ngobrolin.id — Jalan-jalan ke Kalimantan Selatan tak lengkap tanpa mencicipi hidangan khasnya. Berbagai makanan dengan rasa menggoda bisa kamu nikmati di penjaja makanan khas Kalimantan Selatan. Yuk, simak apa saja sih kuliner khas Kalimantan Selatan tersebut.

Soto banjar

kuliner khas Kalimantan Selatan
Foto: instagram sotobanjar_depotmakay

Siapa tidak tahu soto yang satu ini? Soto banjar menjadi salah satu soto paling populer di Indonesia. Perbedaan soto ini dengan soto lainnya adalah kuahnya yang lebih bening. Daging yang digunakan pada soto banjar umumnya adalah daging ayam.

Ketupat kandangan

kuliner khas Kalimantan Selatan
Foto: instagram sasmitaedo

Selain soto banjar, popularitas ketupat kandangan juga sudah terkenal di Indonesia. Potongan ketupat dipadu kuah santan dan tambahan lauk berupa ikan dan telur membuat rasanya banyak disuka.

Mandai basang

Disebut juga dengan nama ‘manday’, makanan yang satu ini terbuat dari kulit cempedak yang difermentasi. Di Kalimantan, masyarakat mengenal cempedak dengan kata ‘tiwadak’. Semakin lama proses fermentasi yang dilakukan, rasanya akan semakin asam dan enak.

Mi bancir

kuliner khas Kalimantan Selatan
Foto: instagram erwindeje

Menu mi yang satu ini merupakan kuliner khas Kalimantan Selatan. Penyajiannya dipadukan dengan suwiran daging ayam, limau, irisan telur, dan taburan bawang goreng. Mi bancir juga diberi sedikit kuah.

Kue bingka

Kue bingka merupakan hidangan tradisional suku Banjar. Rasanya yang manis dan bertekstur lembut membuat kue ini dicintai hingga kini. Kue bingka sendiri merupakan camilan yang wajib disajikan saat upacara pernikahan, serta jadi menu berbuka puasa andalan masyarakat setempat. Varian kue bingka beragam, mulai dari labu, kentang, tapai, hingga pandan.

Gangan humbut

Hidangan ini wajib ada dalam acara adat dan hajatan. Gangan humbut terbuat dari rebung dan iga sapi. Kuahnya terbuat dari campuran rempah sehingga rasanya sangat kaya. Kamu wajib coba! Makanan ini cocok disantap dengan nasi hangat.

Amparan tatak

Kue yang satu ini memiliki cita rasa manis yang lezat. Amparan tatak terbuat dari tepung beras dan santan. Di bagian dalamnya, diberi isian nangka. Aroma daun pandan membuat camilan yang satu ini semakin menggoda.

Iwak pakasam

Menu yang satu ini kerap juga disebut sebagai iwak basamu. Terkenal akan hasil perairannya, bahan baku yang digunakan untuk pembuatan iwak pakasam adalah ikan haruan atau ikan gabus, ikan pepuyu, ikan mangki, atau ikan sepat. Ikan ini diolah dengan dibersihkan, diberi beras, dan difermentasi.

Pemindahan ibu kota Indonesia

Ini Kota-kota Besar di Kalimantan

Kuliner khas Kalimantan Tengah

Hidangan ala Kalimantan Tengah yang Menggugah Selera