in

Wajib Perhatikan Cairan Tubuh Saat Berolahraga, Kalau tidak…

cairan tubuh
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Sudah tahu belum? Profesor di Departemen Nutrisi University of Massachusetts di Amherst, Nancy Cohen, mengatakan bahwa salah satu hal paling penting yang harus dilakukan selama berolahraga adalah hidrasi. Seandainya saja kamu latihan selama 45 menit atau kurang, cairan tubuh terus menurun dan harus terus distabilkan untuk membuat kamu tetap berjalan.

“Untuk latihan ketahanan satu hingga 2,5 jam, bidik 30—60 gram karbohidrat per jam. Ini akan memberikan karbohidrat sebagai bahan bakar latihan untuk menambah glikogen otot,” kata Cohen. Sebagai contoh, apel berukuran sedang memiliki sekitar 25 gram total karbohidrat.

“Tergantung pada olahraga dan kenyamanan individu, berbagai makanan atau minuman bisa berguna di sini. Jus, minuman olahraga, granola bar, buah, dan makanan serta minuman berkarbohidrat tinggi lainnya bisa membantu,” imbuh dia.

Profesor di McMaster University di Kanada dan Direktur Pusat McMaster untuk Nutrisi, Olahraga, dan Penelitian Kesehatan Stuart Phillips mengatakan, cairan lebih mudah dicerna. “Makanan padat ada di perutmu, dan bagi banyak orang, itu menciptakan ketidaknyamanan. Jadi, kebanyakan cair,” ujar dia.

Sedangkan, setelah kamu berolahraga, Cohen menyarankan untuk mengunyah protein, seperti produk susu, telur, daging, dan unggas. Setelah latihan intensitas tinggi atau lama, mengonsumsi satu hingga 1,2 gram karbohidrat per kilogram berat badan per jam selama 4—6 jam. Kemudian dibarengi dengan 15—25 gram protein dalam satu jam pertama setelah berolahraga, akan mengisi kembali toko glikogen otot serta mendukung sintesis protein otot.

Apa yang terjadi jika kamu mengalami nyeri otot setelah berolahraga? Beberapa penelitian menunjukkan jus buah tertentu, seperti jus semangka dan jus ceri, dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Demi sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition pada 2010, 54 pelari sehat berlari rata-rata 26,3 kilometer atau 16,3 mil selama periode 24 jam. Beberapa pelari diinstruksikan untuk meminum botol jus ceri dua kali sehari selama tujuh hari sebelum dan pada hari pelarian. Sementara yang lain diberi minuman plasebo. Kemudian, pelari diminta untuk menilai tingkat rasa sakit yang mereka rasakan sebelum dan sesudah berlari.

Para peneliti, yang melaporkan tidak ada konflik kepentingan dalam penelitian ini, menemukan, pelari yang meminum jus ceri melaporkan peningkatan rasa sakit yang lebih kecil secara signifikan setelah menjalankan dibandingkan dengan kelompok plasebo. Secara keseluruhan, rutinitas pascalatihan harus mencakup cairan untuk rehidrasi, karbohidrat untuk mengisi bahan bakar, dan protein untuk diperbaiki.

sewa mobil

Tips Sewa Mobil untuk Liburan Keluarga

Diet okinawa

Mau Hidup Sampai 100 Tahun? Coba Saja Diet Okinawa