in

Wajib Perhatikan Ini Sebelum Diet Keto

diet keto
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu salah satu pelaku diet keto? Cukup populer karena dinilai ampuh rontokkan lemak tubuh, ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan diet keto, lho. Alih-alih menyehatkan, diet yang tidak sehat justru akan menimbulkan dampak bahaya bagi tubuh.

Diet keto sendiri adalah diet yang dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat secara ekstrem. Kebalikan dari kebanyakan diet, diet keto justru menganjurkan para pelakunya untuk memperbanyak asupan lemak.

Tak banyak yang tahu jika diet keto merupakan jenis diet yang perlu dilakukan di bawah pengawasan yang ketat. Karena selain untuk menurunkan berat badan, diet keto juga berguna untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe dua.

Hal-hal yang perlu kamu waspadai sebelum mempraktikkan diet keto adalah perhatikan asupan yang kamu konsumsi. Konsumsi karbohidrat memang harus dibatasi, yakni berkisar 20—509 gram per harinya.

Sebagai ganti kebutuhan karbohidrat, kamu harus mencukupinya dengan pangan berkandungan lemak, khususnya lemak tak jenuh. Batasi konsumsi lemak jenuh. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh justru berbahaya karena memicu penyakit jantung dan pembuluh darah. Kamu bisa menyantap lemak tak jenuh yang didapatkan dari ikan sarden, makarel, dan keju.

Asupan lain yang tak kalah penting adalah air putih. Kebutuhan air putih harus kamu perhatikan untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Pelaku diet keto sering kali mengalami dehidrasi, sembelit, keram otot, mual, hingga tubuh lelah. Sebagai salah satu cara mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Selain lemak nonjenuh, konsumsi garam juga harus ditambah. Saat kamu menjalani diet keto, tubuh akan banyak kehilangan natrium. Jika terlalu lama mengalami kekurangan natrium, tubuh akan merespons dengan gangguan fungsi ginjal. Gejalanya mulai dari sakit kepala ringan, letih, dan sembelit.

Mengatasi hal ini, kamu bisa mulai memenuhi kebutuhan natrium dengan cara banyak mengandung makanan yang bergaram. Bisa juga kamu melakukannya dengan mengonsumsi kaldu secara rutin.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, seringkali butuh waktu yang lama. Begitu pula dengan diet keto. Sayangnya, kebanyakan orang cenderung menyerah karena diet keto memungkinkan pelaku dietnya mengalami ‘keto flu’.

‘Keto flu’ adalah ciri tubuh sedang beradaptasi. Gejala ini akan hilang dalam 3—4 hari. kamu pun bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, magnesium, dan natrium.

resep minuman pisang

Resep Minuman Pisang Sederhana, Gampang Bikinnya!

jenis masker wajah

Masker Wajah, Kenali Jenis dan Bedanya