in ,

Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2020, yang Mana Jagoanmu?

Selamat ya Kucumbu Tubuh Indahku!

ajang Oscar 2020
Foto: instagram dunia_film

Ngobrolin.id — Dunia perfilman Indonesia sedang bergemuruh menyambut perhelatan akbar tahunan dunia, Oscar, yang akan diselenggarakan tahun depan. Pasalnya, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya ada satu film Indonesia yang akan dikirim untuk dilombakan di ajang tersebut. Film manakah yang terpilih untuk maju ke ajang Oscar 2020?

Dari 99 judul film yang diajukan, komite Oscar 2020 sudah mengerucutkannya menjadi tiga judul film saja. Total 99 film tersebut terdiri atas 41 film bergenre drama, 34 film bergenre horor, dan 24 lainnya adalah film komedi.

Film yang dipilih pun bukan main-main. Ketiga judul tersebut adalah Ave Maryam besutan sutradara Robby Ertanto Soediskam, Kucumbu Tubuh Indahku yang dikemas oleh sutradara Garin Nugroho, dan 27 Steps of May yang digarap langsung oleh sutradara Ravi Bharwani.

Bumi Manusia yang merupakan cerita masa kolonial Belanda di Indonesia sempat masuk salah satu nominasi. Namun karena beban latar belakang yang cukup berat, film yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo tersebut gugur dalam seleksi ajang ini.

Sudah tahu mana jagoanmu? Berikut resume singkat dari ketiga film tersebut.

Ave Maryam

ajang Oscar 2020
Foto: instagram avemaryammovie

Film ini awalnya diberi judul Salt is Leaving the Sea. Bergenre drama, Ave Maryam menceritakan kisah yang terjadi antara Ave, suster yang merawat para biarawati yang sudah tua di rumah biarawati dengan Yosef, seorang pastor berusia 35 tahun. Kisah cinta mereka pun semakin dalam, hingga akhirnya Maryam memutuskan pergi dari rumah biarawati.

Kucumbu Tubuh Indahku

ajang Oscar 2020
Foto: instagram dunia_film

Juno merupakan seorang penari lengger lanang, yakni sebutan bagi penari laki-laki yang menarikan tarian perempuan. Sedari kecil, ia hidup dalam keterasingan dan lingkungan yang penuh dengan kekerasan.

Karena masa lalunya yang kelam, Juno pun mengisi hatinya dengan siapa saja yang mau mengisinya. Termasuk jika ia adalah seorang laki-laki. Tak mengherankan jika akhirnya Kucumbu Tubuh Indahku menuai banyak kecaman dari masyarakat karena dituding mempromosikan LGBT.

27 Steps of May

ajang Oscar 2020
Foto: instagram 27stepsofmay

Film 27 Steps of May diawali dengan seorang perempuan muda bernama May yang menjadi korban pemerkosaan dari sekelompok orang. Ia pun sangat trauma dengan kejadian tersebut.

Tak hanya May sebagai korban, ayah May juga menjadi korban atas apa yang menimpa anaknya. Sang ayah yang berprofesi sebagai petinju, kerap menyalurkan amarahnya di arena ring tinju. Trauma yang dialami May sedikit demi sedikit mulai memudar setelah ia bertemu dengan seorang pesulap.

Hasil sudah diumumkan, bahwa yang mewakili Indonesia di ajang Oscar tahun depan adalah Kucumbu Tubuh Indahku. Selamat ya, Garin Nugroho dan tim!

penyakit akibat asap kebakaran hutan

Penyakit Ini Bisa Timbul Karena Asap Kebakaran Hutan

Konser BTS

Usai Rehat, BTS Kembali Siap Mengguncang Army