in

Waktu yang Kurang Tepat untuk Membuka Ponsel

gunakan ponsel dengan bijak, ya!

membuka ponsel
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini ponsel menjadi salah satu benda penting untuk selalu dibawa kemana pun kita pergi. Ponsel sudah semakin canggih dengan segala fitur yang memudahkan manusia. Kini, ponsel tak hanya sebatas alat komunikasi, ponsel bisa menjadi dompet elektronik, buku elektronik, kamera, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Namun, ada waktu yang dirasa kurang tepat jika kamu malah asik membuka ponsel.

Sedang berbicara dengan teman

Banyak kalangan yang mulai mengkhawatirkan penggunaan ponsel sehingga keluar kata ‘mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat’. Sering kali kita sibuk berbincang dengan teman melalui aplikasi chatting, namun ketika bertatap muka langsung malah saling sibuk dengan ponsel.

Perilaku yang baik saat terjadinya sebuah perbincangan adalah memperhatikan dengan baik apa yang sedang diperbincangkan. Tidak sopan jika teman sedang berbicara, tetapi kamu malah sibuk bermain ponsel. Jika memang darurat, izin sebentar untuk memotong pembicaraan karena harus membalas pesan.

Namun, jangan juga salahkan seseorang yang tiba-tiba mengecek ponselnya di tengah perbincangan. Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa lawan bicaramu sedang ada sesuatu hal yang mengganjal, seperti ingin cepat-cepat mengakhiri, atau ada urusan lain yang harus ia lakukan. Gunakanlah ponsel dengan bijak.

Berkendara

Memakai ponsel saat berkendara merupakan hal yang sangat berbahaya dan sebaiknya kamu hindarkan. Jika memang sangat penting, menepilah sebentar ke tempat yang aman. Sudah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh bermain ponsel saat berkendara.

Saat rapat

Sebaiknya saat rapat hendak dimulai ponsel di-silent atau dimatikan saja agar tidak mengganggu jalannya rapat. Baru pada saat jam makan atau istirahat, periksa kotak masuk, apakah ada pesan penting atau tidak. Ponsel sangat mudah mendistraksi fokus kamu saat rapat.

Saat belajar

Tak hanya rapat yang membutuhkan fokus, saat belajar pun sebaiknya hindari penggunaan ponsel agar tidak terlena dengan kecanggihan ponsel dan jadi lupa waktu untuk melanjutkan pelajaran. Belajar menjadi sangat efektif jika kamu tidak kepikiran untuk membuka ponsel. Oleh karena itu, simpanlah ponsel di laci atau lemari.

Tempat ibadah

Di tempat ibadah akan banyak orang yang ingin fokus melaksanakan ibadah. Sebaiknya, matikan ponsel dan jika penting untuk membuka ponsel, lakukan hal tersebut di halaman tempat ibadah.

 

 

merokok sambil mengendarai motor

Jangan Merokok Sambil Mengendarai Motor

kolesterol di usia muda

Perbaiki Pola Hidup agar Tidak Terkena Kolesterol di Usia Muda