in

Warganet Indonesia Disebut Paling Tidak Sopan, Yuk Bijak Bersosial Media!

introspeksi diri bareng-bareng yuk

warganet Indonesia paling tidak sopan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Belum lama ini warganet dihebohkan dengan kabar dari Microsoft, perusahaan tersebut menyebut warganet Indonesia paling tidak sopan. Kabar tersebut sontak membuat banyak warganet kaget. Namun, lucunya banyak warganet yang terkesan setuju dengan pernyataan Microsoft.

Pernyataan tersebut tidak keluar tanpa riset, Microsoft sudah melakukan riset terhadap tingkat kesopanan warganet. Ternyata, tingkat kesopanan warganet Indonesia memburuk menjadi 76, di mana saking tingginya tingkat tersebut, semakin buruk pula kondisi kesopanan warganet.

Microsoft telah melakukan survei selama lima tahun terakhir kepada 16.000 responden yang tersebar di 32 wilayah. Survei tersebut dilakukan pada April hingga Mei 2020.

Responden survei mencakup orang-orang dewasa dan remaja yang sering berinteraksi di dunia maya. Survei tersebut menanyakan terkait pengalaman mereka dalam menghadapi risiko berselancar di dunia maya.

Penetapan warganet Indonesia sebagai warganet yang paling tidak sopan setidaknya disebabkan oleh tiga faktor. Faktor paling tinggi adalah hoaks dan penipuan. Hhm.. kayaknya memang benar. Hoaks sangat mudah menyebar ke seluruh ruang obrolan dan uniknya masih banyak masyarakat yang mempercayainya.

Saat ini masih menjadi pekerjaan rumah yang cukup menyulitkan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita yang simpang siur.

Faktor selanjutnya yang tidak kalah mengejutkan dan sangat benar adalah ujaran kebencian. Saat ini warganet sangat mudah mengutarakan semuanya, termasuk ujaran kebencian mereka terhadap suatu hal. Bahkan, terkadang ujaran kebencian yang dilontarkan sangat tajam dan pedas sehingga membuat penerimanya sakit hati.

Faktor terakhir adalah diskriminasi. Meski sudah banyak yang mengampanyekan tindakan antidiskriminasi, terkadang masih banyak juga warganet yang tidak mendapatkan edukasi tersebut.

Ketiga faktor tersebut paling sering dilakukan oleh pengguna usia dewasa dengan tingkat persentase sebesar 68 persen.

Lucunya, ketika Microsoft merilis survei tersebut, banyak warganet Indonesia yang menyerang unggahan tersebut dengan beberapa kalimat sarkas. Bahkan, Microsoft sampai mematikan fitur komentar pada akun Instagramnya karena pada unggahan terakhir sebelum hasil survei tersebut keluar, banyak diserang oleh warganet Indonesia. Apakah ini menjadi pertanda bahwa survei yang mereka lakukan itu benar?

 

paman boboho

Paman Boboho, Ng Man Tat Dikabarkan Tutup Usia

snack video

Snack Video Aplikasi Ilegal!