in ,

Waspada! Banyak Situs Investasi Ilegal yang Bikin Buntung Bukan Untung

pelajari dengan baik sebelum melakukan investasi

situs investasi ilegal
foto: pexels

Ngobrolin.id — Kegiatan investasi menjadi salah satu pilihan masyarakat agar dana yang dimilikinya menjadi berguna dan menghasilkan keuntungan. Semakin berkembangnya zaman di era teknologi, ternyata kejahatan seperti penipuan semakin mudah ditemukan. Seperti halnya situs investasi ilegal yang bikin buntung bukan untung.

Situs investasi ilegal tersebut biasanya akan menawarkan keuntungan yang lebih fantastis dibandingkan situs legal. Mengapa disebut ilegal? Alasannya adalah pemerintah tidak memberikan izin kepada situs tersebut untuk beroperasi karena ada beberapa hal yang tidak memenuhi persyaratan. Akibatnya, situs tersebut diblokir oleh pemerintah agar tidak bisa beroperasi.

Situs-situs ilegal tersebut ditindak oleh Direktorat Cyber Bareskrim Polri. Ada banyak modus operandi situs investasi bodong tersebut untuk menjerat korbannya, tetapi yang paling sering ditemukan adalah penawaran melalui internet. Jadi, hati-hati ya, jangan sampai tergiur dengan keuntungan besar di awal saja, kamu harus melakukan research lebih mendalam untuk menghindari buntung di akhir.

Faktanya, meskipun sudah diblokir, para pemilik situs tersebut kerap mengganti-ganti domain agar tetap bisa beroperasi, lho! Badan yang bertugas untuk mengawasi kegiatan investasi adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Oleh karena itu, semua situs trading yang ingin beroperasi harus mendapatkan persetujuan darinya.

Belakangan ini banyak kasus penipuan yang berkedok investasi saham melalui Binomo, situs yang menyedakan jasa investasi trading ilegal.

Tidak hanya satu korbannya, tapi banyak. Nominal uang yang hilang pun tidak sedikit. Banyak orang yang masih terjebak oleh situs-situs ilegal tersebut karena mereka mulai menggunakan para YouTuber untuk mengiklankan situs mereka. Wah, kalau begini sih kamu mesti hati-hati, bukan berarti karena sudah diiklankan para YouTuber, situs tersebut sudah aman, YouTuber pun manusia yang bisa khilaf juga.

Dilansir dari finance.detik.com, selain Binomo, masih ada beberapa entitas ilegal yang masuk ke daftar situs investasi ilegal, seperti Olymp Trade, IQ Option, FBS, Insta Forex, Octa FX, dan masih banyak lagi.

Nah, sebelum berinvestasi, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu situs tersebut sudah mendapatkan perizinan dari otoritas yang berwenang. Kamu juga harus memastikan pihak yang menawarkan produk investasi sudah memiliki izin dalam menawarkan produk tersebut atau tercatat sebagai mitra pasar. Terakhir, pastikan dalam penawaran tersebut terdapat logo instansi pemerintah dan dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

album perdana blackpink

Album Perdana BLACKPINK Bakalan Rilis!

humblebrag

Sifat Humblebrag yang Kian Tidak Disukai Netizen