in ,

Waspada Begal Sepeda, Cara Aman Saat Bersepeda

hati-hati dengan begal sepeda

begal sepeda
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belakangan ini berita begal sepeda mulai bermunculan karena sudah ada beberapa kasus begal yang menimpa para pesepeda. Saat ini olahraga sepeda memang sedang menjadi tren, bahkan toko-toko sepeda terlihat dipenuhi oleh para pembeli seperti toko bahan pangan. Hal ini sejalan dengan meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Olahraga bersepeda merupakan tren yang positif. Namun, sayangnya ada beberapa oknum yang memanfaatkan momentum ini untuk melakukan tindakan kejahatan seperti begal sepeda.

Kini, berita begal sepeda sudah tersebar di media massa, media sosial, bahkan televisi. Sudah saatnya kamu yang senang bersepeda untuk lebih waspada. Apalagi untuk kamu yang senang bersepeda sendirian ke tempat yang cukup jauh. Berikut ini beberapa tips untuk meminimalisir risiko begal sepeda.

Pilih jalur yang aman dan ramai

Sebenarnya, memang lebih enak bersepeda di tempat yang sepi, kamu bisa lebih menikmati setiap kayuhan sepeda dengan santai. Terkadang di tempat ramai, kamu harus lebih terburu-buru agar mereka yang ada di belakang tidak terhalang oleh kamu. Meskipun kurang mengenakkan, bersepeda di tempat yang ramai bisa memberikan rasa aman untuk kamu. Biasanya, begal lebih memilih tempat sepi untuk melancarkan aksinya.

Pilih waktu yang tepat

Sangat berbahaya bersepeda di luar waktu normal, misalnya pada malam hari atau subuh. Untuk meminimalisir risiko begal sepeda, pilihlah waktu normal untuk beraktivitas. Meskipun jalanan menjadi lebih padat, kamu akan merasa jauh lebih aman. Memang harus diakui bersepeda untuk olahraga atau rekreasi memang lebih nyaman saat kondisi jalan masih sepi. Tapi balik lagi, keselamatan adalah hal utama yang harus diprioritaskan.

Jangan terlalu menunjukkan brand

Salah satu faktor kenapa muncul kasus begal sepeda adalah harga sepeda yang mahal-mahal. Saat ini banyak pengguna sepeda yang rela mengorek kantong untuk membeli sepeda yang mahal hingga puluhan juta. Hal tersebut sebenarnya tidak salah, balik ke keputusan pribadi masing-masing. Namun, jangan sampai kamu menggunakannya di tempat yang rawan pada waktu yang salah, serta terlalu menunjukkan merek sepeda tersebut.

Sebaiknya, pilihlah jalur bersepeda yang aman seperti di taman atau arena olahraga yang dijaga oleh satpam. Namun, jika kamu ingin menggunakannya sebagai kendaraan untuk menuju kantor atau tempat kamu beraktivitas, sebaiknya berangkat pada waktu yang tepat.

Jangan bersepeda sendiri

Saat ini sebaiknya jangan lakukan bersepeda sendiri, ajaklah satu teman untuk pergi bersama. Apalagi, untuk kamu yang bersepeda untuk berolahraga dan rekreasi.

film horor true story

Deretan Film Horor True Story, Berani Nonton?

the conjuring 3

The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It, Sekuel Terbaru!