in ,

Waspada Gaslighting, Kekerasan yang Diam-diam Bisa Bikin Kamu Benci Diri Sendiri

kamu harus kuat, ya!

gaslighting
foto: pexels

Ngobrolin.id — Istilah gaslighting pertama kali muncul dalam film Gaslight pada 1944. Istilah ini merupakan gambaran dari tindakan abusif penuh manipulasi yang dilakukan pasangan agar pasangannya merasa bersalah dan merasa tidak percaya diri. Gaslighting secara tidak sadar akan menyerang psikis pasangan, bahkan bisa melumpuhkan kondisi mental.

Orang normal biasanya menggunakan gaslighting untuk menutupi kecurangan yang sudah dilakukan olehnya, seperti selingkuh. Misalnya, Dini sering memergoki Budi menelepon Ani berlama-lama. Ketika Dini ingin bertanya siapa Ani dan kenapa Budi sering berhubungan dengannya, Budi akan menyangkal dengan mengatakan Dini terlalu curiga dan cemburu, Budi berkilah bahwa Ani hanya teman.

Perilaku gaslighting bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak mengenal gender. Namun, biasanya korban gaslighting sering dialami oleh wanita. Hal ini mungkin karena wanita lebih sering menggunakan perasaannya. Tapi, tidak menutup kemungkinan fenomena ini juga bisa menimpa laki-laki.

Ketika kamu sering merasa bingung dan terlalu sensitif hingga akhirnya kamu meragukan diri sendiri, bisa jadi kamu sudah terpengaruh dengan tindakan pasangan. Saking terpengaruhnya, kamu jadi selalu minta maaf padanya karena merasa sudah tidak sengaja menyinggung perasaan pasangan. Dengan begitu, kamu juga merasa sulit untuk menentukan keputusan sendiri karena ragu terhadap kemampuan diri sendiri dalam menentukan pilihan.

Akibatnya, kamu malah jadi berbohong pada diri sendiri dan selalu memaklumi sikap pasangan yang kurang baik di depan kerabat-kerabat.

Pasangan yang melakukan gaslighting sering banget menuduh kamu sebagai penyebab hal buruk yang sedang terjadi. Padahal, hal buruk tersebut bisa terjadi juga karena diri mereka sendiri, ya tapi namanya juga orang manipulatif, mereka akan melakukan apa pun untuk menutupi kesalahan dirinya sendiri untuk tetap terlihat keren. Makanya, biasanya yang sering melakukan hal ini adalah orang narsistik dan sosiopat.

Dan yang paling sering terlihat, orang gaslighting sudah pasti sering berbohong. Dia demen banget bohong, mulai dari hal kecil. Selain itu, mereka juga pandai banget berbicara dan menebar janji-janji manis. Padahal mah, omongan mereka gak bakalan bisa dipercaya sama sekali.

Lalu, jika kamu sudah telanjur jatuh cinta pada orang seperti itu, sebaiknya ceritakan permasalahan tersebut kepada teman dekat. Kamu juga bisa melakukan terapi untuk mengembalikan kondisi kesehatan mental. Bagaimana pun, memang tidak enak dikontrol oleh orang lain yang menyebabkan kepercayaan diri hilang.

secret admirer

Perasaan yang Dialami oleh Secret Admirer, Peka Dong!

haid tidak lancar

Girls, Begini Caranya Mengatasi Haid Tidak Lancar