in

Waspada Musim Tetas Ular Kobra, Kamu Mesti Tahu Cara Menanganinya

jangan panik, liat caranya di sini

ular kobra
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belakangan ini sedang marak anak ular kobra muncul di Jabodetabek. Di daerah Depok sendiri kemunculan beragam jenis ular menjadi wabah yang mengerikan. Pasalnya, anak ular yang muncul di permukiman warga sudah mematuk manusia.

Panji Petualang yang terkenal sebagai pawang binatang berbahaya seperti ular dan binatang buas lainnya pun mewanti seluruh masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dengan beragam jenis ular. Memang saat ini sudah masuk musim penetasan telur kobra. Panji mengatakan bahwa masyarakat jangan panik jika menemukan anak ular kobra di sekitar rumahnya. Sebab, belum tentu sang induk berada di sekitar telur.

Selesai menetaskan telur, induk kobra akan langsung pergi meninggalkan telurnya. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Depok, anakan ular ditemui di daerah Citayam, namun induknya ditemui di kawasan Cilodong. Fenomena ini tak lepas dari semakin meluasnya wilayah permukiman warga yang seharusnya bisa menjadi habitat dari ular kobra. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, akan semakin banyak kawasan permukiman yang dibangun.

Banyak warganet yang meminta tolong Panji untuk membantu me-rescue­ anak-anak ular kobra. Sayangnya, Panji sendiri keteteran karena di lingkungan tempat dia tinggal juga ikut terkena wabah ular kobra.

Panji berpesan pada masyarakat untuk meminta bantuan dari komunitas reptil yang berada di daerahnya jika menemukan anak ular kobra. Jangan pernah menangani anak ular kobra jika kamu tidak tahu caranya. Anak ular kobra juga sudah memiliki kandungan bisa yang berbahaya bagi manusia.

Jika kamu menemukan ular jenis apapun di sekitar tempat tinggalmu, sebaiknya jangan panik. Segera panggil pemadam kebakaran atau komunitas reptil terdekat dari lokasimu. Setelah itu, sisir area sekitar rumah untuk mencari apakah masih ada anak ular lainnya.

Untuk mencegah keberadaan ular di sekitar rumahmu, jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dari tikus. Sebab, tikus merupakan makanan ular, dan ular akan mengikuti ke mana pun si mangsa pergi.

cara membuat resolusi

6 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru, Pasti Tercapai!

menguap tapi tidak ngantuk

Menguap Tapi Tidak Ngantuk, Kok Bisa Ya?