in

Waspada! Penyakit Ini Disebabkan oleh Tikus

Hati-hati, yuk mulai peduli dengan kebersihan.

penyakit yang disebabkan oleh tikus
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Hewan pengerat yang satu ini ternyata dapat menyebarkan banyak penyakit berbahaya, lho. Setidaknya, ada beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh tikus. Tak heran bila keberadaannya menjadi musuh manusia. Yuk, cari tahu beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh tikus sehingga kita bisa lebih waspada.

PES

Penyakit PES disebabkan oleh bakteri Yersina pestisia. Tikus menjadi tersangka dalam penyebaran penyakit ini karena bakteri penyebab PES dibawa oleh kutu yang tertular dari hewan pengerat, termasuk tikus. Jika kutu tersebut menggigit, korbannya dapat menderita penyakit PES ini.

PES melanda daerah padat penduduk dengan sanitasi yang buruk. Gejala PES dimulai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, ketiak, dan leher. Tak hanya itu, PES juga dapat menyerang paru-paru. Tak hanya kutu, PES juga dapat menular dari air liur yang keluar ketika batuk. Penyakit PES dikenal dapat menyebabkan kematian.

Leptospirosis

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh tikus adalah leptospirosis. Penyakit ini sempat naik daun beberapa tahun silam karena memakan banyak korban. Leptospirosis ditularkan dari urine tikus yang terkena luka pada tubuh manusia.

Urine ini dapat terbawa dalam air ataupun tanah. Meskipun demikian, penyebaran leptospirosis tidak dapat terjadi antarmanusia. Penyakit ini berpotensi membuat seseorang menderita meningitis hingga kematian.

Hantavirus

Nama penyakit ini adalah Hantavirus Pulmonary Syndrome atau HPS. Penyebarannya dilakukan oleh jenis tikus rusa, tikus berkaki putih, tikus padi, dan tikus kapas. Penularan terjadi jika korban menghirup partikel dari urine, kotoran, atau air liur walaupun melalui media udara. Penularan juga dapat terjadi melalui gigitan.

Gejala awal HPS mirip dengan penyakit flu pada umumnya. Namun, 4—10 hari kemudian, penderita akan mengalami batuk, sesak napas, dan penumpukan cairan di paru-paru.

HFRS

HFRS merupakan singkatan dari Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome. Penyakit ini hampir mirip seperti demam berdarah. Sama seperti HPS, HFRS juga ditularkan oleh tikus melalui urine, kotoran, atau air liur.

Gejala awal HFRS mulai dari sakit kepala, nyeri punggung dan perut, demam, menggigil, mual, hingga pengelihatan kabur. Selain itu, HFRS dapat diketahui dari wajah, mata, dan kulit yang berwarna agak kemerahan.

cara berhenti menunda pekerjaan

Stop Jadi Procastinator! Ini Cara Berhenti Menunda Pekerjaan

beda kepo dan peduli

Kepo atau Peduli? Jangan Salah Membedakannya