in ,

Waspada! Terkadang Kamu Bisa Jadi Toxic untuk Diri Sendiri, Lho!

sebaiknya intropeksi diri sendiri dulu

toxic diri sendiri
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebenarnya, tanpa hadirnya orang toxic di dalam hidupmu, kamu juga bisa meracuni diri sendiri. Ada beberapa tindakan yang terkadang tidak disadari menjadi toxic diri sendiri. Akibatnya, kamu akan lebih sering merasakan energi negatif dibandingkan energi postif.

Oleh karena itu, penting yang namanya untuk introspeksi diri sendiri sebelum menyalahkan yang lain. Sebab, bisa saja secara tidak sadar kamu sendiri yang menjadi toxic dalam hidup kamu. Nah, berikut ini beberapa sifat toxic terhadap diri sendiri yang sebaiknya mulai dikurang-kurangi atau kalau bisa dihilangkan.

Negative thinking

Negative thinking membuat kamu jadi selalu berprasangka buruk terus sehingga pikiran menjadi tidak sehat. Kamu akan selalu dihantui hal-hal buruk yang sebenarnya belum tentu terjadi, dan lupa dengan kemungkinan baik. Akibatnya, kamu jadi selalu merasa tidak bahagia dan selalu merasa tertekan dengan pikiran sendiri.

Insecure

Kehilangan percaya diri sangat wajar dialami, tapi kalau terus-terusan merasa insecure, bahkan sampai membuat kamu menarik diri dari pergaulan, hal ini bisa menimbulkan permasalahan kesehatan mental yang serius, lho! Kamu harus mulai bisa mensyukuri apa yang sudah diterima.

Daripada terus-terusan merasa insecure, lebih baik banyak bersyukur sambil mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami. Misalnya, kamu insecure dengan kemampuan public speaking. Sebaiknya, kamu tepis rasa itu dengan belajar cara berbicara yang baik di depan umum untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Suka mengeluh

Sekali-sekali mengeluh sebenarnya tidak apa-apa, itu hal yang wajar dan manusiawi karena manusia bisa merasa lelah. Namun, kalau terus-terusan mengeluh dengan kondisi yang ada tanpa adanya aksi itu bisa membuat toxic terhadap diri kamu, lho! Kamu akan semakin memperkeruh keadaan. Daripada terus-terusan mengeluh, sebaiknya mulai bangkit untuk memperbaiki keadaan.

Menunda-nunda pekerjaan

Tidak ada kata nanti untuk pekerjaan yang seharusnya bisa kamu tuntaskan saat ini. Menunda malah akan menyebabkan pekerjaan semakin menumpuk dan membuat kamu lelah di akhir.

Menyalahkan diri sendiri terus

Salah itu wajar, namanya juga manusia. Tapi, kalau kamu hanya bisa menyalahkan diri sendiri tanpa ada niat untuk bangkit dan memperbaikinya, wah bisa berabe. Sebaiknya, berhenti menyalahkan diri sendiri dan mulai melangkah untuk memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan.

PSBB

Apa Saja Sih yang Masih Buka Saat PSBB Jakarta Diperketat?

desa wisata gamplong

Desa Wisata Gamplong di Yogyakarta, Cocok Buat Kamu yang Suka Foto-foto!