in , ,

Waspadai Kesalahan Sepele Santan Pecah Saat Memasak

jangan sampai santannya pecah, ya! cukup hati aja yang pecah.

santan pecah
foto: Pixabay

Ngobrolin — Pasti kamu sering diperingati untuk hati-hati ketika memasak makanan yang bersantan agar santannya tidak pecah. Santan pecah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Ketika santan sudah pecah, makanan kamu akan mudah basi, tidak gurih, dan tampilannya menjadi tidak menarik.

Duh, jangan sampai deh, ya! Sudah capek-capek masak malah gagal karena kesalahan sepele yang menyebabkan santan pecah. Untuk itu, simak beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan santan pecah.

Kesalahan ketika memasukkan santan

Kesalahan sudah bisa datang dari awal saat kamu memasukkan santan. Sebaiknya, masukkan santan encer terlebih dahulu hingga masakan sudah mendekati matang. Setelah itu, baru masukkan santan kental. Cara ini sangat efektif untuk meminimalisir risiko santan menjadi pecah. Teknik memasak ini biasanya untuk memasak opor, sayur godog, soto, dan beberapa menu berkuah lainnya.

Santan tidak diaduk

Pasti orangtua sering bilang: “Jangan lupa untuk diaduk terus!” Ini ada benarnya, lho. Meskipun kamu tidak perlu selalu mengaduknya, masakan harus diaduk minimal setiap satu menit sekali ketika memasak santan cair. Apalagi, kalau sudah dimasukkan santan kental, kamu tidak boleh berhenti mengaduk.

Pemanasan santan dengan cara yang salah

Masakan yang bersantan cukup mudah basi. Oleh karena itu, biasanya masakan tersebut sering dipanaskan berkali-kali hingga makanan habis. Nah, proses pemanasan yang salah bisa menyebabkan santan menjadi pecah. Ketika dipanaskan, santan harus sering diaduk dan gunakan api kecil saja, ya!

Tidak menggunakan api kecil

Kesalahan lainnya yang jarang disadari adalah memasak dengan api yang besar. Saat sudah mendidih, masakan akan mengeluarkan banyak gelembung dan santan pun ikutan bergejolak sehingga bisa menyebabkan santan menjadi pecah. Oleh karena itu, ketika kamu memasak makanan bersantan, sebaiknya gunakan api yang tidak terlalu besar, ya!

Untuk kamu yang baru saja mulai belajar masak, coba campurkan sedikit tepung beras ke dalam santan dan aduk hingga rata. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah santan pecah. Sebelum santan dimasukkan ke masakan, sebaiknya aduk secara merata terus-menerus. Setelah berubah menjadi kental, barulah dimasukkan ke masakan.

 

warna hijab

Bikin Wajah Tampak Cerah, Ini Warna Jilbab yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

kantung mata hitam

Tips Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Mudah