in ,

Wisata Kuliner Makanan Betawi di Setu Babakan

surganya makanan betawi cuma di sini!

setu babakan
Foto: enjoy jakarta

Ngobrolin.id — Saat ini Kota Jakarta sudah menjadi kota modern dengan segala kecanggihan teknologi yang sudah tersebar di jalan-jalan protokol. Hal tersebut juga menyebabkan banyak penduduk yang berasal dari berbagai suku tinggal di ibu kota bukan saja warga Betawi. Bagi kamu yang penasaran bagaimana kehidupan masyarakat Betawi sebelum Jakarta menjadi megah, kamu bisa mengunjungi Setu Babakan sambil wisata kuliner makanan Betawi.

 

Di Setu Babakan kamu akan menjumpai banyak penjual makanan khas Betawi. Sambil menikmati keindahan Setu, kamu bisa menyantap hidangan khas Betawi dari pinggir danau. Jika beruntung, kamu akan menjumpai pentas seni yang digelar di dalam wilayah Setu Babakan. Kira-kira apa saja ya makanan Betawi yang dapat dijumpai di Setu Babakan. Yuk, simak ulasannya.

Gado-gado betawi

Gado-gado memang makanan yang bisa kamu jumpai di berbagai wilayah karena makanan ini sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Gado-gado merupakan campuran dari berbagai sayuran yang diaduk bersamaan dengan bumbu kacang. Di Setu Babakan banyak yang menjual gado-gado khas Betawi.

Laksa betawi

Dulu, makanan ini masih cukup mudah untuk ditemui. Bahkan, ada abang-abang yang menjual laksa dengan berkeliling. Namun saat ini, laksa mulai susah untuk dicari. Entah apa yang menyebabkan laksa sudah susah dicari, padahal makanan ini sangat nikmat. Jangan sedih, kamu dapat menemukan laksa di Setu Babakan.

Asinan betawi

Ada banyak jenis asinan yang berasal dari berbagai daerah, seperti Betawi. Asinan betawi berbeda dengan asinan bogor yang mengandung banyak kuah. Asinan ini sangat cocok untuk dinikmati saat siang hari.

Geplak

Geplak merupakan gorengan yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan gula aren akan cocok menjadi camilan kamu bersantai menikmati suasana Setu Babakan.

Bir Pletok

Meskipun minuman ini diberi nama bir, khasiat atau manfaatnya sangat berbeda. Bir pletok berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Hal ini dikarenakan bir pletok terbuat dari beragam jenis rempah-rempah, seperti cengkih, kayu manis, serai, dan jahe.

Es Selendang Mayang

Es yang memiliki warna merah, putih, dan hijau membuat mata menjadi lebih segar dan ingin mencoba. Selendang mayang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung hunkwe, lalu diberikan santan beraroma pandan dan ditambahkan gula merah.

Kerak telor

Ini nih makanan Betawi yang sangat fenomenal dan selalu ada di setiap penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya.

 

liburan sekolah

4 Cara Menghilangkan Gabut Saat Liburan Sekolah

setelah banjir

Lakukan Hal Ini Setelah Rumah Terkena Banjir