in

Wisata Pulau Singkat di Kota Jakarta

wisata pulau yang wajib kamu coba

wisata pulau
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Jika kamu hanya mengenal Kota Jakarta sebagai ibukota dengan bangunan gedung pencakar langit yang sudah banyak, kamu wajib mengetahui bahwa Jakarta juga memiliki destinasi wisata pulau yang bisa dijajaki dalam satu hari. Ya! Pulau itu adalah Pulau Seribu, bukan pulau kapuk, ya! Pasti kamu sudah tidak asing mendengar nama Pulau Seribu.

Pulau Seribu atau sering disebut juga Kepulauan Seribu termasuk wilayah administratif DKI Jakarta. Bukan berarti nama pulau ini seribu sehingga memiliki seribu pulau. Pulau Seribu memiliki banyak gugusan pulau. Ada yang sudah terjamah oleh manusia, ada pula yang masih terasingkan.

Saat ini wisata di Pulau Seribu sedang naik daun. Jika kamu berkunjung ke salah satu pulau yang ada di sana, seketika kamu akan lupa bahwa kamu ada di wilayah Jakarta. Panoramanya indah.

Untuk menuju salah satu pulau di Pulau Seribu, kamu bisa menjajaki pulau yang paling dekat terlebih dahulu dan bisa dijelajahi dalam waktu satu hari saja untuk tiga pulau sekaligus. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu!

Pulau Onrust

Dulunya pulau ini merupakan pulau transit kapal-kapal Belanda yang akan menuju Batavia. Dalam pulau ini terdapat arkeologi peninggalan masa kolonial Belanda. Nama Onrust diambil dari bahasa Belanda yang artinya ‘tidak pernah beristirahat’. Dulunya di pulau ini dibangun asrama untuk mengarantina calon jamaah haji. Saat itu perjalanan haji dilakukan via laut sehingga seluruh calon jamaah haji ditampung di pulau ini terlebih dahulu.

Banyaknya peninggalan gedung membuat pulau ini sering kali menjadi destinasi wisata horor. Padahal, pada siang hari pulau ini sangat indah. Kamu bisa menikmati bangunan masa dulu yang masih tersisa.

Pulau Cipir

Pada pulau ini juga terdapat bangunan yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Tak hanya turis, pulau ini juga diramaikan oleh para pemancing ikan. Konon, ikan di pulau ini berlimpah.

Pulau Kelor

Pulau ini memiliki benteng peninggalan Belanda, yaitu Benteng Menara yang dibangun pada 1850. Benteng tersebut merupakan bangunan yang ikonik dari pulau ini, terdiri atas susunan bata. Sebagian benteng ini ada yang sudah hancur dan masih ada yang utuh. Banyak turis yang berfoto di sini.

pulau natal

Tahu Pulau Natal? Pulau Australia yang Deket Banget dari Pulau Jawa

Roadshow Try Out MasukKampus

Sebanyak 2.205 Peserta Ikuti Roadshow Try Out MasukKampus di Surabaya