in

Wow! 13 Minuman Tradisional ini Berbahan Jahe Lho

minuman tradisional berbahan jahe
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Minuman berbahan jahe memang nggak pernah ketinggalan zaman. Mulai dari khasiat sampai rasa, berbagai minuman memakai jahe sebagai bahan pembuatnya. Nyatanya, ada banyak banget minuman tradisional berbahan jahe yang bisa kamu temui di Indonesia. Yuk, simak 13 minuman tradisional berbahan jahe.

minuman tradisional berbahan jahe
Foto: pixabay

Wedang jahe

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau minuman ini pakai jahe sebagai bahan dasarnya. Wedang jahe merupakan minuman yang diolah dari jahe geprek dan diberi air panas. Gula diberikan untuk menambah rasa manis dan meredam sedikit rasa pedas jahe.

Susu jahe

Susu jahe muncul sebagai varian lain dari wedang jahe. Dengan ditambahkan susu kental manis, minuman hangat ini cocok diminum untuk menghangatkan tubuh. Tambahan susu juga bikin minuman ini lebih gurih dan creamy.

Wedang ronde

Kamu bisa menemui wedang ronde di Yogyakarta. Minuman ini terdiri atas bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan dan disiram dengan air jahe panas. Ditambah kacang sangrai, kolang kaling, dan roti tawar, minuman ini nikmat banget disantap di malam hari atau kala hujan.

Sekoteng

Kali ini, minuman tradisional ini datang dari Jawa Tengah. Minuman ini disajikan dengan isian kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, pacar cina, dan kolang-kaling.

Bir pletok

Minuman khas Betawi ini terbuat dari jahe, daun pandan, serai, kayu manis, gula, kapulaga, cengkih, daun jeruk, dan pala. Kombinasi rempah yang sangat kaya bikin rasa bir pletok ini makin sempurna.

STMJ

STMJ merupakan singkatan dari susu, telur, madu, dan jahe. Sudah pasti, minuman ini cocok banget diminum di malam hari. Selain menghangatkan, berbagai manfaat dari susu, telur, dan madu juga bikin minuman ini menyehatkan.

Wedang uwuh

Wedang uwuh biasa disajikan dengan kondisi masih terseduh. Berbagai rempah dan bahan utama pembuatan wedang ini masih bisa terlihat. Tak cuma jahe, minuman ini juga terdiri atas berbagai bahan seperti kayu manis, pala, akar, dan daun serai.

Bajigur

Bajigur berasal dari Jawa Barat. Minuman hangat ini terbuat dari santan, gula merah, kayu manis, pandan, kopi hitam, dan pastinya jahe.

Bandrek

Agak mirip dengan bajigur, bandrek memiliki komposisi yang hampir sama. Hanya saja bandrek memiliki lebih banyak komposisi rempah seperti cengkih, serai, dan tambahan kelapa setengah tua.

Wedang secang

Wedang secang dibuat dari seduhan kayu secang. Tambahan jahe diberikan untuk memberikan rasa hangat.

Sarabba

Sulawesi Selatan juga punya minuman tradisional berbahan jahe. Sarabba terbuat dari jahe, gula aren, kayu manis, kuning telur, santan, dan merica bubuk. Kebayang kan betapa nikmatnya?!

Kembang tahu

Walaupun namanya kembang tahu, tapi ini merupakan minuman berbahan jahe, lho. Minuman ini terbuat dari sari kedelai yang dipadatkan seperti tahu putih dan disendokkan ke dalam mangkok.

Teh jahe

Sama seperti namanya, teh jahe dibuat dari teh yang diberi tambahan jahe.

Bir kocok

Bir ini berasal dari Bogor. Tenang, nggak ada kandungan alkoholnya, kok, sama seperti bir pletok. Bir kocok terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkih, dan gula merah.

Kopi jahe

Tak hanya teh dan susu, kopi juga tak kalah nikmat lho jika diseduh bersama air jahe.

 

cutbray dan baggy

Cutbray dan Baggy yang Kabarnya Bakal Ngetren Lagi

Trik menyikat gigi

Jangan Asal Gosok, Ini Trik Menyikat Gigi yang Benar